BUMN HADIR - SMN Kepulauan Riau kunjungi industri gerabah Kasongan

id Kerajinan gerabah Kasongan

Peserta SMN Kepulauan Riau berkunjung ke sentra industri kerajinan gerabah Kasongan Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 24 peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 Program BUMN Hadir Untuk Negeri asal Kepulauan Riau berkunjung ke sentra industri kerajinan gerabah Dusun Kasongan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
     
"Jadi selain mengenal budaya mereka juga harus mengetahui kerajinan tangan yang memang asli Yogyakarta, makanya dipilih tempat ini," kata Pendamping Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Kepulauan Riau dari PT Pelindo 1 Santi Saptasari di sentra gerabah Kasongan Bantul, Senin.
       
Kunjungan ke sentra industri kerajinan gerabah Kasongan ini merupakan salah satu lokasi industri kreatif yang dikunjungi rombongan SMN setelah beberapa waktu laku juga mengunjungi sentra kerajinan batik Giriloyo dan pembuatan bakpia di Yogyakarta. 
     
"Kemarin sudah ke batik, dan sekarang ke Kasongan, jadi bisa buka pikiran anak anak SMN itu bagaimana sih mencari penghasilan besok, tidak melulu menjadi pegawai, namun wirausaha muda," katanya. 
     
Secara khusus pihaknya juga berpesan kepada peserta SMN Kepulauan Riau bisa membuka pikiran agar bagaimana mereka sudah mulai bisa berwiraswasta sejak dari sekarang sesuai apa yang diinginkan berdasarkan potensi di daerahnya. 
     
"Jadi ini lebih ke kreatifitasnya, kemudian dari apapun bisa membuka jalan untuk menumbuhkan kreatif mereka, yang jelas bisa menjadi pengusaha mandiri," kata Santi. 
     
Di sentra industri kerajinan gerabah Kasongan yang terdapat kios-kios itu rombongan peserta SMN melihat aneka kerajinan gerabah mulai dari guci, hiasan interior dan kerajinan tangan lainnya, selain itu juga berkesempatan melihat proses pembuatan kerajinan.
     
Sebanyak 21 orang siswa SMA/SMK dan tiga orang siswa SLB peserta SMN tahun 2018 asal Kepulauan Riau diberangkatkan ke Yogyakarta dan Semarang oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 sebagai penanggung jawab (PIC), bersama Perum LKBN Antara, dan Persero Batam.
     
Kegiatan SMN sebagai bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri bertujuan mengajak para siswa berprestasi mempelajari potensi budaya Nusantara serta menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar