Hasil tangkapan ikan nelayan Gunung Kidul melimpah

id Nelayan Baron

Hasil tangkapan ikan nelayan Gunung Kidul melimpah

Ikan hasil tangkapan nelayan Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, melimpah (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul, 30/9 (Antara) - Nelayan Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapat hasil tangkapan melimpah, mulai dari tongkol lisong, kakap merah, cumi-cumi, sotong hingga gurita.
   
 Ketua nelayan Pantai Baron Sumardi di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan sejak beberapa pekan terakhir, nelayan Pantai Baron panen berbagai jenis ikan dengan hasil yang sangat melimpah.
     
"Setiap menjelang musim hujan, hasil tangkapan ikan sangat banyak," katanya.
     
Dia mengatakan berbagai jenis ikan salah satu favorit masyarakat Gunung Kidul adalah kartomarmo. "Setiap mendapat hasil ikan karto marmo langsung kami jual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kartomarmo paling diburu masyarakat sini," katanya.
     
Sumardi mengatakan dirinya dan puluhan nelayan lainnya mengaku bersyukur dengan perolehan panen kali ini. Sebab sejak beberapa bulan lalu dirinya dan nelayan lainnya tidak melaut karena minimnya tangkapan. 
   
 "Selain kartomarmo, tongkol lisong, kakap merah, cumi-cumi, sotong hingga gurita," katanya.
   
 Sementara penjual ikan di TPI Pantai Baron Tugiman mengatakan musim tangkap ikan seperti pada bulan ini dirinya setiap harinya dapat menjual 25 kuintal ikan Kartomarmo.
     
"Beberapa hari lalu, kurang lebih itu berisi 25 kuintal. Kebanyakan yang membeli memang masyarakat Gunung Kidul, harganya Rp15 hingga Rp20 ribu," ucapnya.
     
Dia mengatakan ikan kartomarmo yang berbentuk kecil tidak lebih dari tiga ruas jari orang dewasa ini mudah sekali busuk untuk itu perlu perlakuan khusus seperti diberi es batu, atau dimasukkan kedalam kotak pendingin. "Sore dapat pagi dijual biasanya langsung habis," katanya.