DLH Gunungkidul menelusuri dugaan pencemaran limbah cair di Krakal

id Gunungkidul,pantai krakal,pantai slili,pantai baron,pencemaran laut,pencemaran pantai,dlh gunung kidul

DLH Gunungkidul menelusuri dugaan pencemaran limbah cair di Krakal

Anggota SAR Gunungkidul menunjukan adanya limbah cair berwana hitam di Pantai Krakal. (ANTARA/HO-SAR Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melakukan penelusuran dugaan limbah cair yang mencemari Pantai Krakal dan Pantai Slili mulai Sabtu (7/10) sampai hari ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul Harry Sukmono di Gunungkidul, Minggu, mengatakan pihaknya mendapat laporan dari warga adanya dugaan pencemaran air laut di Pantai Krakal dan Pantai Slili.

"Kami sudah menerjunkan petugas untuk mengambil sampel limbah tersebut. Kami juga langsung koordinasi dengan laboratorium daerah untuk uji limbah cair, namun baru diuji Senin (9/10)," kata Harry Sukmono.

Ia mengatakan berdasarkan hasil penelusuran petugas di lapangan, cairan berwarna hitam menyerupai oli masih ditemukan di Pantai Krakal dan Slili. Namun demikian, cairan warna hitam tidak berdampak fatal terhadap biota laut.

Petugas di lapangan, kata dia, menduga cairan itu adalah solar. Rumput laut yang semula berwarna hijau berubah warna menjadi hitam. Di lokasi yang terkontaminasi cairan juga muncul sumber bau bahan bakar.



"Kami langsung koordinasi dengan pihak terkait, tapi ini hari libur," katanya.

Sementara itu Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Marjono, mengatakan limbah cair hitam tersebut mirip aspal. Hal itu bisa dilihat di pasiran pantai. Selain itu memiliki bau mirip solar.

"Mirip sampah mendarat di pinggiran, seperti aspal dan baunya seperti solar," kata dia.

Marjono mengatakan upaya yang dilakukan adalah dengan mengubur di pasir supaya tidak mengganggu pengunjung.

"Sementara masih aman. Limbah ada di pinggir, sehingga tidak mengganggu wisatawan," katanya.