Masyarakat Sleman kembangkan seni teater tradisional

id Teater

Masyarakat Sleman kembangkan seni teater tradisional

Teater dalam pasar .(ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/16.)


Sleman (Antaranews Jogja) - Seni teater tradisional mulai dikembangkan oleh masyarakat Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai upaya melestarikan seni dan budaya di wilayah sempat.
     
"Salah satu kelompok yang mulai mengembangkan seni teater tradisional tersebut adalah Kelompok Seni Teater Rogo Budoyo Ngabangan V Sidoluhur Godean Sleman dibawah pembinaan aktivis budaya Hestu Widodo," kata Kepala Bidang Dokumentasi, Sarana dan Prasarana Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Wasita, Senin.
     
Menurut dia, kelompok yang beranggotakan 40 orang dari remaja setempat yang dipimpin Rochmat Hidayat ini akan melakukan pementasan pada Jumat malam 12 Oktober 2018 di Ngabangan V Sidoluhur Godean yang akan menampilkan lakon "Wong salah seleh, wong temen tinemu" dengan penulis naskah dan sutradara Samijan, dan penata musik Bowo.

Ia mengatakan bahwa pementasan tersebut  akan diawali dengan berbagai atraksi tarian anak serta dimeriahkan oleh Grup Rieesma Plus dan Bambang Rabies dan kawan-kawan.
     
"Pagelaran tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam rangka implementasi program dana keistimewaan DIY yaitu pembinaan dan pengembangan penyelenggaraan event penggiat seni yang pada tahun ini diperuntukkan bagi 10 kelompok," katanya.
   
Wasita mengatakan, diharapkan melalui program tersebut potensi kebudayaan lokal yang berada di tingkat akar rumput dapat termotivasi sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara alami, sehingga nantinya akan tercipta masyarakat yang berbudaya dan memperkuat keistimewaan DIY.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024