Objek Wisata Ngancar tawarkan wisata susur sungai

id Susur sungai

Objek Wisata Ngancar tawarkan wisata susur sungai

Ilustrasi susur sungai (Foto Istimewa)

Bantul (Antaranews Jogja) - Objek wisata Ngancar di Dusun Saingan, Desa Triharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menjadi wahana wisata air yang menawarkan wisata susur sungai yang mengalir di wilayah perdesaan tersebut. 
     
Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Sunarto saat meluncurkan objek wisata Ngancar di Bantul, Senin, mengatakan, obyek wisata Ngancar diharapkan akan menjadi wahana wisata air karena dikelilingi tiga sungai yaitu Sungai Progo, Bedog dan saluran dari Dam Kamijoro.
     
"Obyek wisata Ngancar ini nantinya akan dilengkapi dengan perahu-perahu yang bisa dipakai pengunjung menyusuri Sungai Bedog dan saluran dari Dam Kamijoro serta saluran pinggiran Sungai Progo," katanya.
     
Peresmian objek wisata Ngancar tersebut dilaksanakan bersamaan dengan upacara Peringatan Hari Jadi Desa Triharjo yang ke-72. Upacara diikuti semua warga baik tua, muda dan anak-anak dari sepuluh dusun yang ada di Desa Triharjo dengan memakai busana jawa.
     
Sementara itu, Pelaksana tugas Lurah Desa Triharjo Suranto mengatakan, sejarah berdirinya Kelurahan Triharjo yang masyarakatnya terdiri dari berbagai profesi diantaranya petani, pedagang serta usaha lainnya yang didukung pemerintah desa setempat.
     
Dengan adanya objek wisata di desanya itu harapannya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat melalui penyediaan jasa usaha baik bidang pariwisata maupun sektor lainnya. 
     
Sementara itu, Camat Pandak Sri Kayatun mengatakan mengucapkan selamat Hari Jadi Desa Triharjo yang ke-72 , semoga pemerintah desa dan masyarakatnya tambah maju serta semakin sejahtera.
     
"Kami atas nama Kecamatan Pandak mendukung terpilihnya lurah baru dan mengajak kepada segenap warga untuk mendukungnya, dengan harapan lurah terpilih nanti bisa mengemban tugas dengan amanah," katanya.
     
Adapun Kecamatan Pandak ini merupakan salah satu kecamatan di Bantul yang menerima program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dari Kementerian Pekerjaam Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera).