BKSDA Yogyakarta lepasliarkan elang ular bido

id Elang

BKSDA Yogyakarta lepasliarkan elang ular bido

Elang (Jogja.antaranews.com)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta melepasliarkan dua ekor Elang Ular Bido di Stasiun Flora Fauna, Taman Hutan Raya Bunder, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin.
     
"Kami mendapatkan elang tersebut dari masyarakat, lalu diperiksa oleh dokter hewan apakah terkena penyakit, atau ada cacat fisik, yang dilepas jantan dan betina" kata Kepala Konservasi Wilayah 2 BKSDA Bantul dan Gunung Kidul, Kuncoro di Gunung Kidul, Senin.
     
Ia mengatakan sebelum dilepaskan ke alam liar elang telah dilatih terlebih dahulu selama dua tahun. Dilatih mencari makan sendiri, karena selama ini keduanya hidup didalam kandang.
     
"Setelah mendapatkan perawatan dari dokter hewan, elang tersebut di pelihara di kandang yang berukuran kecil setelah itu baru dikandangkan di kandang yang besar yang bertujuan untuk melatih insting memburu elang," katanya.
     
Ia mengatakan saat ini yang ada di kandang BKSDA Bunder Gunung Kidul ada 18 ekor elang, dari berbagai macam jenis seperti elang brontok, elang hitam, elang laut, elang alap jambul, dan sikep madu.
     
Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak memburu lagi burung-burung yang dilindungi seperti burung elang yang dilepas kali ini. pIhakya terus melakukan sosialisasi agar perburuan hewan dilindungi dapat berkurang.
     
"Ini bukan satu dua kali program ini, disamping untuk kelestarian satwa, dan dapat berkembang biak sehingga dapat menghilang dari daftar dilindungi dan punah. Sangat dibutuhkan perkenalan anak diusia dini supaya mereka paham bahwa elang sudah dilindungi," katanya.
     
Sementara itu, Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Yogyakarts Andie Chandra herwanto mengatakan jumlah populasi baru akan inventaris raptor di DIY fokusnya di Gunung Kidul dan Kulon Progo.
     
"Output dari kegiatan itu sekalian kami melihat habitat asli burung tersebut, lokasi mana yang paling pas untuk rilis burung elang," katanya.
     
Dia mengatakan elang pada Februari tetapi elang tersebut hanya bertahan 5 minggu di alam liar karena adanya perburuan.
   
"Pada gelang yang ada di kaki elang dapat dilacak, bangkai elang dibawa ke Rumah Sakit Hewan Suparwi ditemukan bekas luka tembakan di sayapnya sehingga elang tersebut tidak bisa terbang dan mengalami dehidrasi," katanya.