"Volcano Tour Merapi" masih jadi favorit wisatawan

id Volcano tour

"Volcano Tour Merapi"  masih jadi favorit wisatawan

Objek wisata "Volcano Tour" Merapi (Foto antaranews.com)


Sleman (Antaranews Jogja) - Jip Wisata "Volcano Tour Merapi" di Kaliurang, Pakem maupun Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih menjadi daya tarik bagi wisatawan selama liburan akhir tahun 2018.
     
"Pada liburan akhir tahun ini, sejak libur natal hingga tahun baru jumlah wisatawan 'Volcano Tour Merapi' yang menyewa jip wisata naik cukup signifikan," kata Marketing Jip Wisata Lava Tour Tlogo Putri, Kaliurang Aryanto di Sleman, Selasa.
     
Menurut dia, peningkatan wisatawan "volcano tour" dirasakan dari hampir semua armada jip wisata yang layak jalan bisa melayani lebih dari satu trip dalam sehari.
     
"Jika pada liburan biasa akhir pekan satu mobil biasanya hanya melayani satu trip, namun pada liburan akhir tahun kali ini bisa tiga trip," katanya.
     
Ia mengatakan, peningkatan aktivitas Gunung Merapi sejak beberapa bulan lalu memang sempat membuat pelaku jasa wisata "volcano tour" khawatir terjadi penurunan kunjungan wisatawan.
     
"Peningkatan aktivitas Merapi yang diwarnai beberapa kali guguran dan luncuran lava pijar memang sempat membuat sedikit was-was akan ada penurunan kunjungan wisatawan" katanya.
     
Ia mengatakan, karena jarak luncuran lava pijar Merapi masih dalam kategori rendah dan dari BPPTKG  merekomendasikan jarak aman  tiga kilometer dari  puncak, maka  tetap optimistis masih banyak wisatawan yang berkunjung.
     
"Memang ada yang takut dan membatalkan 'booking', namun kamu berikan penjelasan jika Merapi masih aman dan terus menyampaikan kondisi terkini Merapi," katanya.
     
Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) wilayah barat, Dardiri mengatjan mulai 20 Desember 2018 hingga 5 Januari 2019 tarif jip wisata "volcano tour" naik.
     
"Pada liburan akhir tahun per paket trip naik Rp50 ribu," katanya.
     
Ia mengatakan, ada lima paket trip "volcano tour" yang bisa dipilih wisatawan, yakni Sunrise trip, mini short, shirt trip, medium trip dan long trip.
     
"Jadi pada liburan akhir tahun ini tarif jadinya mulai Rp350 ribu hingga Rp600 ribu. Per paket maksimal empat orang," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024