Bupati Badingah dorong orang tua mendampingi anak

id Bupati Gunung Kidul

BUpati Gunung Kidul Badingah. (Foto Antara)

  Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Bupati Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Badingah mendorong orang tua mendampingi anak seiring kemajuan teknologi dan informasi supaya tidak terjerumus dalam hal-hal negatif, seperti kenakalan remaja.
     
"Perkembangan anak dewasa ini harus menjadi perhatian serius keluarga," kata Badingah Gunung Kidul, Selasa.
     
Dia mengatakan salah satunya dari kader PKK agar mengajak para ibu untuk secara ketat mengawasi. "Kami minta kader PKK menjangkau sampai tingkat RT, jadi dapat menjadi garda terdepan membangun ketahanan keluarga. Salah satunya menjaga keluarga menyangkut perkembangan anak," katanya.
   
Badingah mencontohkan saat ini, perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat menjadi salah catatan tersendiri. "Saya pernah diperlihatkan sebuah video tentang anak-anak dan pada saat melihat menangis karena konten sudah jauh dari norma kesusilaan," katanya.
     
Dia berharap peran PKK harus terus dioptimalkan sehingga bisa mengurangi dampak negatif dari perkembangan teknologi. Selain itu perkembangan anak dari pergaulan juga harus diperhatikan.
   
"Saya izinkan pegawai memeriksa gawai saat jam kerja kalau itu bagian untuk mengawasi anak karena ini penting untuk memastikan anak tidak salah pergaulan," katanya.
     
Dia mengatakan masa depan anak merupakan masa depan bangsa, sehingga perlu diperhatikan secara serius oleh keluarga.
   
"Mereka masa depan kita, jangan sampai kwalitas pendidikan anak menurun," katanya.
     
Ketua Tim Penggerak PKK Gunung Kidul Zultiyanti mengatakan peran PKK sangat penting dalam menjaga ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Sebab, perkembangan saat ini banyak dirasakan peran keluarga berkurang karena ibu bekerja. 
     
"Peran orang tua khususnya ibu terhadap pengasuhan anak sangatlah penting," katanya.
     
Ia berharap kader PKK mengajak para ibu-ibu dilingkungannya untuk terus meningkatkan alam pengawasan terhadap perkembangan anak.
     
"Pengawasan kepada anak sangat penting dengan memberikan kasih sayang yang cukup," katanya. ***3***
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar