Lobster Mutiara muncul diperairan pantai selatan Gunung Kidul

id Lobster mutiara

Lobster Mutiara muncul diperairan pantai selatan Gunung Kidul

Nelayan di Kabupaten Gunung Kidul panen hasil tangkapan lobster mutiara mutiara (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (ANTARA) - Nelayan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, panen tangkapan Lobster Mutiara yang muncul di perairan selatan wilayah ini dalam beberapa hari terakhir.

Ketua Nelayan Pantai Baron Sumardi di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu, mengatakan Lobster Mutiara yang merupakan lobster termahal serta paling langka itu muncul belum lama ini di perairan laut selatan.

Beberapa kali para nelayan mendapatkan tangkapan lobster jenis Mutiara, saat mereka melaut.

"Hal ini menjadi berkah bagi para nelayan atas kekayaan laut yang ada. Sebab, harga dari hewan laut itu mencapai jutaan rupiah per kilogram," kata Sumardi.

Lobster Mutiara ini munculnya musiman, itu pun paling banyak hanya satu bulan setelah itu, kata dia, tidak ditemukan lagi.

Ia menambahkan lokasi keberadaan Lobster Mutiara sendiri berbeda dengan lobster jenis lainnya. Biasanya, lobster dapat ditangkap dengan menggunakan jaring dari tepi tebing laut, namun untuk Lobster Mutiara nelayan harus pergi sejauh dua mil dari pantai.

"Menangkapnya di laut sekitar dua mil dari pantai. Kami tangkap dengan jaring," ujar Sumardi.

Meskipun saat ini musim kemunculan lobster termahal itu, namun tidak semua nelayan bisa mendapatkannya, karena jenis lobster ini cukup langka.

Dengan susahnya menangkap lobster itu membuat harganya semakin meningkat. Nelayan di wilayahnya pun tidak kesulitan dalam mecari penjual karena sudah ada pengepul tersendiri yang siap membeli Lobster Mutiara itu.

"Harganya untuk ukuran lima ons mencapai Rp500.000. Itu harga dari kami para nelayan, kami menjualnya ke pengepul yang ada di sini," kata dia.

Sumardi menambahkan di kawasan pantai selatan terdapat lima jenis lobster. Namun dari jenis yang ada Lobster Mutiara menjadi yang paling mahal.

"Di mana-mana Lobster Mutiara memiliki nilai jual yang cukup mahal," kata dia.