Bupati Bantul resmikan operasional Pusat Informasi Wisata di Parangtritis (Video)

id TIC Parangtritis,informasi wisata

Dimas Diajeng (putra-putri) Bantul berdialog di kantor Tourist Information Center (TIC) kawasan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, DIY yang baru saja diresmikan. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Suharsono meresmikan operasional gedung Pusat Informasi Wisata di kawasan jalur jalan lintas selatan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memberikan berbagai informasi bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

"Kita sudah meresmikan operasional Tourist Information Center, jadi ini baru tahap awal karena masih perlu pengembangan," kata Bupati usai meresmikan Gedung Tourist Information Center (TIC) di kawasan Pantai Parangtritis Bantul, Selasa.

Gedung TIC  itu dibangun di tepi jalur jalan lintas selatan (JJLS) di atas lahan Sultan Ground. Pembangunan gedung merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI sebesar Rp1,7 miliar.

Bupati mengatakan, saat ini di kompleks kantor TIC baru terdapat bangunan utama dan beberapa gazebo serta fasilitas umum. Namun ke depan masih perlu ditambah fasilitas penunjang pariwisata dengan dukungan dari Kemenpar.

"Ini baru tahap awal dan belum sempurna sekali, sehingga nanti akan dibangun taman-taman biar menarik, dari Kemenpar juga sangat puas dengan pemberian DAK  atau Dana Alokasi Khususnya karena sudah dimanfaatkan dengan baik," katanya.
 

Sementara itu Kepala Bidang Destinasi Area III Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional II Kemenpar Widayanti Bandia menyambut baik kegiatan operasional TIC tersebut dengan harapan bisa memandu wisatawan yang butuh informasi terkait wisata.

"Kita itu ada DAK dari kementerian dan kebetulan Bantul tahun ini sudah tahun ketiga mendapatkan dana itu, dan kami bangga dengan adanya TIC ini, karena fungsinya sebagai pusat informasi wisatawan," katanya.

Dengan demikian, kata dia, kalau ada wisatawan yang datang ke Bantul bisa mengetahui akan melanjutkan wisata ke mana, bahkan bisa beristirahat di kawasan TIC Parangtritis dan menikmati fasilitas layanan yang akan dikembangkan nantinya.

"Jadi fungsinya tidak hanya sebagai informasi wisata saja, namun apa saja yang ada di Bantul termasuk potensi kulinernya, dan ini (TIC) adalah milik kita bersama bukan hanya pemerintah kabupaten dan Kemenpar, jadi silahkan masyarakat memanfaatkan," katanya.

Baca juga: Pantai Parangtritis destinasi favorit wisatawan selama libur Lebaran 2019
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar