Pemkab Sleman dorong setiap instansi berikan akses keterbukaan informasi publik

id Wabup Sleman,Akses informasi publik,Sleman,Pemkab Sleman

Pemkab Sleman dorong setiap instansi berikan akses keterbukaan informasi publik

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat meresmikan Laman Website dan PPID Desa Girikerto Foto Antara/HO/Humas Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Muslimatun menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman terus mendorong setiap instansi untuk memberikan akses keterbukaan informasi publik baik secara langsung maupun melalui laman resmi.

"Hingga saat ini seluruh OPD, kecamatan dan BUMD di Kabupaten Sleman telah membentuk penatakelembagaan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID)," kata Sri Muslimatun saat peluncuran Laman Website dan PPID Desa Girikerto di Balai Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kamis.

Menurut dia, sejak dua tahun terakhir Pemkab Sleman juga mendorong desa untuk melakukan penatakelolaan kelembagaan PPID Desa.

"Hingga saat ini telah terbentuk 11 PPID Desa di Kabupaten Sleman," ujarnya.

Ia mengemukakan, upaya pemenuhan informasi dapat memenuhi harapan publik jika pengguna informasi dapat memanfaatkan informasi yang tersedia dengan bijak.

"Saya berharap seluruh masyarakat Girikerto nantinya dapat memanfaatkan website Pemerintah Desa Girikerto tersebut sebagai rujukan resmi terhadap setiap informasi yang beredar sehingga masyarakat terhindardari berita-berita hoaks yang justru menyesatkan," jelasnya.

Pelucuran website tersebu merupakan hasil dari pendampingan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Aisyiyah Yogyakarta, yang telah melaksanakan program pengabdian di Desa Girikerto, Kecamatan Turi.

Ketua Program Pengembangan Desa Mitra Universita Aisyiyah Yogyakarta, Dewi Amatun Suryani mengatakan bahwa pendampingan di Desa Girikerto tersebut merupakan salah satu upaya guna memberikan pelayanan akses informasi yang mudah dan cepat.

Selain itu melalui pelayanan informasi yang mudah tersebut secara tidak langsung akan menjadi sarana promosi yang mudah bagi Desa Girikerto.

"Karena Desa Girikerto Turi memliki potensi desa yang banyak, salah satunya produksi susu kambing dan salak," tambahnya.

Dalam laman website Desa Girikerto, selain memuat konten tentang potensi desa juga memuat konten terkait kebencanaan. Mengingat Wilayah Turi memiliki potensi bencana erupsi Gunung Merapi.

 
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2024