AAU siap tampilkan "flashmob Beksan Wanara" pada "Kulonuwun Jogja"

id Gubernur AAU,Beksan Wanara,Kulonuwun Jogja,Akademi Angkatan Udara,AAU,Flashmob,Jalan Malioboro,Cfd Selasa Wage

AAU siap tampilkan "flashmob Beksan Wanara" pada "Kulonuwun Jogja"

Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Nanang Santosa. Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta akan menampilkan tarian Beksan Wanara di sepanjang Jalan Malioboro hingga Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta pada "Kulonuwun Jogja" yang diselenggarakan bertepatan dengan hari bebas kendaraan bermotor dalam rangka "Selasa Wage", 18 Februari.

"Ada lebih dari 1.000 penari yang terdiri dari Taruna-Taruni dan civitas akademika atau Keluarga Besar AAU yang akan melakukan flashmob di Jalan Malioboro, besok (Selasa, 18/2) sekitar pukul 14.00 WIB," kata Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsda TNI Nanang Santosa di Kesatrian AAU, Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, kegiatan tersebut digelar dalam rangka "Kulonuwun Jogja" dimana para Taruna dan Taruni Tingkat 1 akan memulai pendidikan di AAU Yogyakarta setelah sebelumnya menempuh pendidikan dasar militer di Akademi Militer Magelang.

"Secara geografis AAU berada di wilayah Yogyakarta, maka kami wajib untuk kulonuwun kepada masyarakat Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan, flashmob berupa tarian "Beksan Wanara" sengaja dipilih untuk kegiatan tersebut karena AAU sebagai lembaga pendidikan militer juga berkewajiban untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

"Karena kami berada di wilayah Yogyakarta, maka kami tampilkan budaya Yogyakarta," katanya.

Nanang mengatakan, pihaknya ingin menghadirkan Yogyakarta di Kesatrian AAU dan menghadirkan Kesatrian AAU di Yogyakarta.

"Selama ini masih banyak yang belum tahu AAU, maka kami ingin lebih dikenal dan lebih dekat dengan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, sebelum menggelar flashmob di Jalan Malioboro, pihaknya juga telah menggelar lomba tarian Beksan Wanara antar-departemen dan satuan yang ada di AAU.

"Kami juga menghadirkan pelatih tari dari Keraton Yogyakarta, sekaligus saat lomba mereka juga menjadi jurinya," katanya.

Kegiatan "Kulonuwun Jogja" dengan flashmob tarian Beksan Wanara tersebut, kata dia, diharapkan akan memberikan hiburan bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

"Nanti juga ada penampilan drumband dari AAU, dan kemudian dilanjutkan dengan tarian Beksan Wanara. Kami harapkan masyarakat dapat berbondong-bondong untuk menyaksikan dan semoga dapat terhibur," katanya.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar