Sleman intensifkan program jemput bola donor darah

id Donor darah,Wabup Sleman,Kodim sleman,PMI Sleman,Kabupaten Sleman,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-nc

Sleman intensifkan program jemput bola donor darah

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun memantau kegiatan donor darah di jajaran Kodim 0732/Sleman. (Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman)

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggencarkan kegiatan donor darah dengan sistem jemput bola untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Sleman karena persediaannya menurun sejak merebaknya virus corona.

"Maka yang kita lakukan sekarang adalah jemput bola, karena pergerakan orang juga dibatasi. Kita langsung datang ke tempat pendonor darah dengan tetap memperhatikan 'social distancing'," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat mendampingi PMI Sleman melakukan kegiatan donor darah di Kodim 0732/Sleman, Selasa.

Menurut dia, kebutuhan darah di Kabupaten Sleman per harinya sebanyak 50 sampai 70 kantong. Sebelum terjadi wabah COVID-19, PMI Sleman dapat mengumpulkan antara 50 sampai 75 kantong per harinya.

"Namun, saat ini hanya mampu mengumpulkan 25 sampai 30 kantong saja per hari. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Sleman memerintahkan ASN, TNI dan Polri turut melakukan donor darah. Saat ini di Kabupaten Sleman sudah ada persediaan 100 kantong. Jadi tidak perlu khawatir," katanya.

Komandan Kodim (Dandim) 0732/Sleman Letkol Inf Diantoro mendukung penuh perintah untuk melakukan donor darah bagi para TNI.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan prajuritnya sebanyak 61 orang untuk melakukan donor darah pada kesempatan tersebut.

Kegiatan donor darah ini juga memperhatikan protokol pencegahan COVID-19 dengan memberikan jarak antara satu pendonor dengan pendonor lainnya.

"Saya berharap dengan kegiatan tersebut dapat memberikan sumbangsih terhadap ketersediaan stok darah di Kabupaten Sleman," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar