Kroasia rebut puncak Grup H seusai bekuk Malta

id kualifikasi piala dunia,timnas kroasia,timnas malta,luka modric,ivan perisic,josip brekalo,timnas rusia,timnas slowakia

Kroasia rebut puncak Grup H seusai bekuk Malta

Kapten tim nasional Kroasia Luka Modric merayakan keberhasilannya mengkonversi tendangan penalti ke gawang Malta dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup H di Stadion HNK Rijeka, Rijeka, Kroasia, Selasa (30/3/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Antonio Bronic)

Naiknya Kroasia ke puncak tidak lepas dari kekalahan mengejutkan yang dirasakan Rusia saat melawat ke Slowakia dalam laga lain yang berlangsung bersamaan.
Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Kroasia merebut posisi puncak klasemen Grup H kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa seusai membekuk tamunya Malta dengan skor 3-0 di Stadion HNK Rijeka, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Naiknya Kroasia ke puncak tidak lepas dari kekalahan mengejutkan yang dirasakan Rusia saat melawat ke Slowakia dalam laga lain yang berlangsung bersamaan.

Kroasia yang punya selisih gol surplus tiga mengungguli Rusia, yang cuma surplus dua, untuk mengambil alih posisi puncak kendati keduanya sama-sama mengoleksi enam poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Ban kapten Ronaldo dilelang untuk membantu biaya perawatan bayi

Kendati tampil dominan atas Malta sejak sepak mula, Kroasia baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-62 ketika Ivan Perisic memecahkan kebuntuan dengan sontekan jarak dekat menyambut umpan silang Borna Barisic.

Keunggulan itu digandakan Kroasia pada menit ke-76 lewat eksekusi penalti Luka Modric, setelah wasit Lionel Tschudi menilai gelandang Kyrian Nwoko melakukan pelanggaran handball di dalam area terlarang.

Kemenangan Kroasia dilengkapi gol Josip Brekalo tepat di pengujung waktu normal yang menaklukkan kiper Henry Bonello dengan sepakan dari tengah kotak penalti.

Di City Arena Trnava, Rusia yang punya bekal positif kemenangan di dua pertandingan sebelumnya harus tertinggal lebih dulu dari tuan rumah pada menit ke-38 saat Milan Skriniar menanduk umpan silang Robert Mak dalam situasi sepak pojok.

Baca juga: Inggris raih tiga poin setelah bungkam Albania 2-0

Rusia berusaha membalas sebelum turun minum tetapi tembakan Yuri Zhirkov dan Artem Dzyuba melenceng sedangkan sundulan Mario Fernandes masih mampu diamankan oleh kiper Dusan Kuciak.

Pada menit ke-71 kerja keras Rusia menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil ketika Fernandes menyambar bola muntah hasil tembakan Daler Kuzyaev yang gagal diantisipasi sempurna oleh Kuciak.

Namun, tiga menit kemudian Mak berhasil merestorasi keunggulan Slowakia lagi dengan menyelesaikan bola kiriman Tomas Hubocan dan skor 2-1 mampu dipertahankan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Tim-tim Grup H baru akan tampil lagi pada 1 September nanti saat Malta menjamu Siprus, Kroasia bertandang ke Rusia dan Slovenia menghadapi Slowakia.
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024