Wabup Sleman mengukuhkan 30 Kader Pancasila

id Kader Pancasila Sleman ,Wabup Sleman Danang ,Kesbangpol Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Wabup Sleman mengukuhkan 30 Kader Pancasila

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengukuhkan 30 Kader Pancasila Sleman. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Danang Maharsa, mengukuhkan sebanyak 30 Kader Pancasila agar mampu menghidupkan nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat dan bernegara

"Kami berharap pengukuhan Kader Pancasila ini tidak berhenti pada acara seremonial belaka, " kata Danang Maharsa, di Sleman, Rabu.

Dengan pemahaman yang benar, katanya, melalui pengukuhan ini diharapkan lahir kader yang mampu merevitalisasi dan mengaktualisasi Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

"Sekaligus menjadikan Pancasila sumber inspirasi sebagai upaya menjawab berbagai tantangan kehidupan bangsa dalam melaksanakan pembangunan daerah berdasarkan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Kepala Badan Kesbangpol Sleman Hery Sutopo mengatakan pengukuhan Kader Pancasila dilakukan di tiga kelurahan, yakni Kelurahan Umbulmartani, Kecamatan (Kapanewon) Ngemplak, Kelurahan Sardonoharjo (Kecamatan Ngaglik), dan Kelurahan Sidoagung (Kecamatan Godean).

"Masing-masing kelurahan terdiri atas sembilan orang yang ditambah tiga orang dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Jadi jumlah Kader Pancasila yang dikukuhkan sebanyak 30 orang," katanya.

Pada kegiatan tersebut digelar workshop Kader Pancasila dengan tema "Keurahan Berkarakter Pancasila Sebagai Upaya Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-nilai Pancasila".

Materi workshop meliputi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Upaya Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-nilai Pancasila oleh Wakil Bupati Sleman, Konsep dan Implementasi Kalurahan Berkarakter Pancasila revolusi karakter bangsa (Kepala Kesbangpol Sleman), Konsep dan Implementasi Kelurahan Berkarakter Pancasila Revolusi Karakter Bangsa (Diasma Sandi Swandaru, dari PSP UGM), dan Penguatan Karakter Kebangsaan (Farid A.S. dari SMYLE Consulting).
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar