Sebanyak 50 Kader Pancasila Girikerto Sleman dikukuhkan

id Wabup Sleman ,Kader Pancasila Girikerto ,Bakesbangpol Kabupaten Sleman ,Nilai Pancasila ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Sebanyak 50 Kader Pancasila Girikerto Sleman dikukuhkan

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengukuhkan 50 Kader Pancasila Kalurahan  Girikerto, Kapanewon (Kecamatan) Turi yang terdiri dari unsur pemerintah, lembaga pemerintah dan tokoh masyarakat di Gedung Balai Kalurahan Girikerto, Turi, Kamis (8/6/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengukuhkan 50 Kader Pancasila Kalurahan Girikerto, Kapanewon (Kecamatan) Turi, yang terdiri atas unsur pemerintah, lembaga pemerintah dan tokoh masyarakat.

Pengukuhan dilakukan secara simbolis ditandai dengan pembacaan naskah pengukuhan oleh Wakil Bupati Sleman di Gedung Balai Kalurahan Girikerto, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis.

Danang Maharsa mengatakan pengukuhan Kader Pancasila ini dilakukan sebagai upaya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Pemerintah Kabupaten Sleman memiliki tanggung jawab dalam memelihara, memperkuat dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam seluruh aspek," katanya.

Menurut dia, pengukuhan Kader Pancasila ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Sleman untuk menanamkan nilai nilai Pancasila di kehidupan bermasyarakat.

"Tanpa bantuan para Kader Pancasila, pemerintah tentu tidak dapat secara maksimal menjalankan tanggung jawab dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila. Peran kader Pancasila tentu sangat penting," katanya.

Dari informasi yang didapat, sampai saat ini masih banyak kegiatan kelompok atau organisasi yang ingin mengganti dasar negara dan membahayakan kesatuan dan persatuan bangsa.

"Nilai-nilai Pancasila lah yang bisa menjadi landasan bangsa untuk tetap bersatu tidak terpecah belah. Pancasila ini sesuai yang dikatakan Presiden Soekarno, Pancasila itu gotong royong," katanya.

Danang mengatakan, sampai saat ini masih banyak gerakan radikalisme di lingkungan kita, maka sikap gotong royong, sikap kebersamaan yang ada pada nilai-nilai Pancasila harus dikuatkan dan ditanamkan bahkan sejak usia dini.

"Tentunya hal tersebut untuk membentengi kita dari paham radikalisme yang sifatnya memecah belah bangsa," katanya.

Ia mengatakan gerakan atau paham yang bersifat provokatif ini juga telah menyasar generasi Z dan milenial yang merupakan generasi penerus bangsa.

Menyikapi hal tersebut, ia mengatakan pemerintah kini melakukan berbagai langkah salah satunya mulai menerapkan nilai-nilai Pancasila hingga ke sekolah-sekolah melalui wawasan kebangsaan.

"Langkah tersebut menjadi salah satu upaya dalam memberikan pemahaman pentingnya nilai-nilai Pancasila bagi generasi penerus bangsa," katanya.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman Indra Darmawan mengatakan Kalurahan Girikerto merupakan salah satu wilayah dari enam lokasi pengukuhan Kader Pancasila.

Lima kalurahan lain yang telah mengukuhkan Kader Pancasila adalah Kalurahan Trihanggo, Margomulyo, Caturtunggal, Minomartani, dan Sumbersari.

"Sampai saat ini, sebanyak 308 Kader Pancasila telah dikukuhkan dan telah dibekali pemahaman dan pembelajaran nilai-nilai Pancasila melalui workshop yang bertajuk 'Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila Berbasis Kalurahan Berkarakter Pancasila'," katanya.

Ia mengatakan secara khusus Kader Pancasila akan menjadi pionir penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024