Penumpang keretaapi di Daop 6 turun 77 persen pada awal Agustus

id kereta api,penumpang,daop 6,yogyakarta

Penumpang keretaapi di Daop 6 turun 77 persen pada awal Agustus

Ilustrasi - Penumpang kereta api di masa PPKM (HO-Humas Daop 6 Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Rerata jumlah penumpang kereta api di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta pada awal Agustus mengalami penurunan hingga 77 persen jika dibanding rerata penumpang pada Juni.

"Penurunan tersebut terjadi untuk rerata penumpang harian baik kereta jarak jauh maupun kereta api lokal," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Jumat.

Berdasarkan data PT KAI Daop 6 Yogyakarta, jumlah penumpang kereta api jarak jauh dan lokal pada 3-9 Agustus tercatat sebanyak 9.509 penumpang atau 1.358 penumpang per hari.

Sedangkan pada Juni, rerata penumpang harian tercatat mencapai 5.963 pelanggan. Pada bulan tersebut, belum diberlakukan kebijakan PPKM dan penerapan syarat ketat untuk perjalanan dengan kereta api.

Selama masa pandemi, PT KAI juga mengurangi kapasitas penumpang menjadi 70 persen dari total kapasitas untuk kereta jarak jauh dan maksimal 50 persen dari kapasitas untuk kereta lokal.

Saat ini, aturan yang berlaku bagi penumpang kereta api jarak jauh adalah wajib menunjukkan kartu vaksin minimal untuk dosis pertama. Bagi pelanggan yang tidak memenuhi syarat untuk mendapat vaksin wajib membawa surat keterangan dari dokter.

Penumpang pun tetap diwajibkan menunjukkan surat bebas COVID-19 baik dari tes PCR atau antigen dan pelanggan berusia kurang dari 12 tahun tidak diperkenankan melakukan perjalanan menggunakan kereta.

Sedangkan untuk kereta api lokal juga dilakukan pengetatan syarat perjalanan yaitu hanya boleh digunakan untuk pekerja sektor esensial dan kritikal yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan perusahaan.

"Tidak dibutuhkan syarat surat bebas COVID-19 untuk pelanggan kereta api lokal tetapi akan ada tes antigen acak kepada penumpang di beberapa stasiun," katanya.

Guna mendukung percepatan terciptanya herd imunity, PT KAI juga menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 di sejumlah stasiun. Di Daop 6 Yogyakarta, layanan vaksinasi bisa diakses di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Solo Balpan.

Hingga Kamis (12/8), tercatat sasaran vaksinasi di Daop 6 Yogyakarta sebanyak 4.023 orang.

"Karena vaksin adalah syarat menjadi penumpang kereta api, maka kami membuka layanan vaksinasi. Penumpang yang tidak memenuhi syarat maka tidak akan diperkenankan naik kereta dan tiket dikembalikan 100 persen," katanya.

Pada 3-9 Agustus, tercatat 783 pelanggan yang tidak diperkenankan berangkat karena tidak memenuhi syarat perjalanan.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024