Pasar Gentan Sleman meraih sertifikat SNI Kemendag

id Pasar Gentan ,Disperindag Sleman ,Sertifikasi SNI Kemendag,Kabupaten Sleman ,Sleman

Pasar Gentan Sleman meraih sertifikat SNI Kemendag

Kepala Disperindag Kabupaten Sleman Mae Rusmi menerima sertifikat SNI untuk Pasar Rakyat Gentan Sleman dari Wamendag Jerry Sambuaga di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Padang Panjang. ANTARA/HO-Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pasar rakyat atau pasar tradisional Gentan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meraih sertifikat standar nasional Indonesia (SNI) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rabu.

"(Sertifikat diraih) setelah melewati proses pendampingan, penilaian dan pemenuhan persyaratan yang ditetapkan Kementerian Perdagangan " kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Perindag Sleman Mei Rusmi melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sleman.

Pasar Gentan satu di antara tujuh pasar di Indonesia yang meraih sertifikat tersebut.

Sertifikat SNI ini diberikan secara langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga kepada Bupati Sleman yang diwakili Kepala Dinas Perindag Sleman Mei Rusmi di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Padang Panjang yang menjadi tuan rumah acara tersebut.

Rusmi mengatakan, dengan diraihnya sertifikasi SNI dari Kemendag tersebut diharapkan akan menjadi motivasi seluruh pihak untuk dapat bekerja sama menjaga fasilitas pasar dan memberikan pelayanan yang terbaik di pasar.

"Kita jaga fasilitas pasar ini dan kepada para pedagang dapat menyajikan kualitas terbaik untuk para pembeli," katanya.

Sementara itu, Jerry mengatakan SNI Pasar Rakyat yang diterima tujuh kabupaten/kota dapat menjadi teladan bagi daerah lain.

"Tentu tidak hanya sekadar penghargaan, tetapi kelayakan terhadap standardisasi SNI itu sendiri," katanya.

Jerry juga meminta adanya gerakan digitalisasi penerapan pembayaran nontunai menggunakan QRIS sebagai bagian program Kemendag.

"Penerapan QRIS di pasar ini, program Kemendag. Bila UMKM menggunakannya, sangat bagus. Prokes juga terjaga," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024