Antisipasi genangan, bangun 1.989 sumur resapan

id Banjir Jakarta,Sumur resapan,Monas

Antisipasi genangan,  bangun 1.989 sumur resapan

Arsip Foto - Petugas Dinas Sumber Daya Air menyelesaikan pembangunan sumur resapan di kawasan Monas, Jakarta, Rabu (27/2/2019). Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta membangun 100 sumur resapan dengan kedalaman 4,5 meter dan diameter satu meter di kawasan tersebut untuk meminimalisasi genangan sekaligus menampung air. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat telah membuat 1.989 sumur resapan di berbagai lokasi guna mengatasi genangan saat hujan.

"Yang dibangun oleh Dinas SDA DKI Jakarta 1.524 titik dan yang dibangun Suku Dinas SDA Jakpus 465 titik," ujar Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat Mustajab saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Mustajab mengatakan, salah satu sumur resapan ada di Jalan Abdul Jalil dianggap berhasil karena tanahnya bagus dalam menyerap air.

Tidak semua sumur resapan lapisan tanah nya bisa dimanfaatkan untuk meresap air. "Contohnya saja di Monumen Nasional (Monas), airnya dangkal sehingga tidak bisa meresap air terlalu banyak," ungkapnya.

Mustajab menjelaskan, fungsi sumur resapan memang harus bisa meresap air. Namun jika lapisannya sudah jenuh air maka fungsi sumur resapan berkurang dan lebih tepat harus dibuatkan vertikal drainase.

 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jakpus buat 1.989 sumur resapan untuk antisipasi genangan