Santripreneur disiapkan di sektor strategis, pinta Menkop

id MenkopUKM,kemenkopukm,teten masduki,santriprenuer,wirausaha

Santripreneur disiapkan di sektor strategis, pinta Menkop

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Santripreneur Award di Muamalat Tower, Jakarta, Senin (21/11) malam. (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa para santri yang berwirausaha atau disebut dengan santriprenuer harus diarahkan dan disiapkan dalam sektor-sektor strategis yang menjadi prioritas.

“Saya ingin mengatakan bahwa kita harus juga (mengetahui) apa keunggulan domestiknya. Karena itu santriprenuer ini juga, menurut saya, kita harus arahkan, kita siapkan para calon saudagar-saudagar yang bayar zakat itu nanti di sektor-sektor yang strategis,” kata Teten saat menghadiri Santripreneur Award di Muamalat Tower, Jakarta, Senin (21/11) malam.

Teten menekankan bahwa Indonesia harus memiliki sektor prioritas dengan mencari keunggulan produk domestik yang dapat ditawarkan kepada dunia. Dia mencontohkan bagaimana Norwegia yang pendapatan negaranya berasal dari budidaya ikan salmon serta bagaimana New Zealand mengedepankan produk domestik mencakup daging, susu, dan buah kiwi.

“Kita juga harus punya prioritas (sektor). Sekarang di seluruh dunia itu sedang mencari apa keunggulan domestiknya,” ujar Teten.

Dia mengingatkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar di sektor kelautan. Selain sektor berbasis sumber daya alam, Teten juga mengingatkan bahwa negara ini memiliki kekayaan dan keragaman budaya yang dapat menjadi sumber produk-produk berbasis kreativitas.

Menurut Teten, perlu adanya pendekatan inkubasi dalam menyiapkan wirausaha yang tangguh. Oleh sebab itu, dia mendorong penyiapan inkubator-inkubator di kampus dan pesantren. Dia berpendapat bahwa pendekatan ini penting untuk dilakukan ketimbang melalui pendekatan seminar dan pelatihan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkop UKM: Santripreneur harus disiapkan di sektor-sektor strategis
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024