Kemenparekraf gelar festival dangdut internasional

id kemenparekraf,festival dangdut,festival dangdut internasional

Kemenparekraf gelar festival dangdut internasional

Pendangdut Inul Daratista beraksi pada acara "Pestapora 2022" di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat (23/9/2022). Inul membawakan sejumlah lagu seperti Buaya Buntung, Masa Lalu, dan Goyang Inul. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Industri kreatif, musik, film dan animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) Amin Abdullah mengatakan pemerintah memiliki gagasan untuk menyelenggarakan sebuah festival dangdut internasional.

"Kita mencoba menggagas ini, internasional dangdut festival karena ternyata dangdut bukan cuma berkembang di Indonesia," ujar Amin saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Amin mengatakan bahwa ide untuk membuat festival dangdut berskala internasional dicetuskan oleh menteri parekraf Sandiaga Salahuddin Uno sebagai bagian dari rencana membawa dangdut menjadi warisan budaya ke Unesco.

Lebih lanjut Amin mengatakan, genre musik dangdut memiliki banyak penggemar di Indonesia dan sudah menjadi musik keseharian dari para warganya.

Genre ini juga sudah mulai masuk ke berbagai festival musik non-dangdut seperti Pesta Pora dan Synchronize yang berlangsung tahun ini. Nama-nama pedangdut seperti Rhoma Irama, Inul Daratista, Alam Mbah Dukun hingga Nassar pernah tampil dalam acara tersebut dan mendapat antusias yang cukup besar dari penonton.

"Siapa yang mau membantah kalau ini punya banyak penggemar di Indonesia dan kalau bahasa budayanya, ini adalah sebuah musik yang dikonstruksi, yang dibentuk di Indonesia walaupun adonannya itu bersumber dari beberapa budaya dan genre," kata Amin.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf berencana gelar festival dangdut internasional
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024