Kemenparekraf: FPJT masuk Kalender Event Nasional 2024 dongkrak wisatawan

id Kemenparekraf,KEN 2024

Kemenparekraf: FPJT masuk Kalender Event Nasional 2024 dongkrak wisatawan

Ilustrasi - Festival Pacu Jalur Tradisional Tepian Narosa Teluk Kuantan di Provinsi Riau (ANTARA/HO-Kemenparekraf)

Jakarta (ANTARA) - Festival Pacu Jalur Tradisional (FPJT) di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Provinsi Riau masuk dalam 10 besar jajaran kegiatan terbaik Kalender Event Nusantara (KEN) 2024.

Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Restog Krisna Kusuma mengatakan pacu jalur merupakan tradisi yang telah diwariskan turun-temurun oleh nenek moyang sejak ratusan tahun yang lalu, sehingga layak masuk KEN.

“Tradisi ini tidak hanya menunjukkan kecintaan kita terhadap seni dan budaya, tetapi juga simbol semangat gotong royong, kebersamaan, serta keuletan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi,” kata Restog dalam siaran pers di Jakarta, Senin.

KEN merupakan program strategis untuk mendukung dan mengembangkan berbagai kegiatan di Indonesia. KEN memiliki visi untuk menjadikan event sebagai atraksi wisata unggulan di Indonesia melalui kolaborasi Kemenparekraf dengan daerah di dalam menyelenggarakan event yang berkualitas.



KEN 2024 terdiri dari 110 event pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah dikurasi dari 38 provinsi di Indonesia. Proses penilaian dilakukan berdasarkan pada lima bidang, yaitu aspek ide dan inovasi, pemasaran dan strategi komunikasi, aspek manajemen kegiatan, aspek manajemen keuangan, serta aspek analisis dampak.

Restog menyebut fokus dari strategi Kemenparekraf dalam pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah mengembangkan sektor pariwisata nasional dan pemasaran dengan berorientasi pada pasar internasional.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Festival pacu jalur masuk Kalender Event Nasional 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024