Jumlah pengunjung sejumlah tempat wisata di Yogyakarta meningkat

id tempat wisata,yogyakarta,libur natal,malioboro,GL Zoo

Jumlah pengunjung sejumlah tempat wisata di Yogyakarta meningkat

Ilustrasi - Kunjungan wisata di GL Zoo Yogyakarta saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 (ANTARA/HO-GL Zoo)

Yogyakarta (ANTARA) - Jumlah pengunjung di sejumlah tempat wisata di Kota Yogyakarta terus mengalami kenaikan sejak pertengahan Desember hingga libur Natal dan diperkirakan terus meningkat saat malam pergantian tahun, seperti di kawasan Malioboro dan di GL Zoo.

“Kenaikan jumlah wisatawan mulai terjadi sejak 20 Desember dan terus meningkat hingga libur Natal hari ini,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kawasan Cagar Budaya Yogyakarta Ekwanto di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, kondisi cuaca di Yogyakarta yang kurang bersahabat pada Sabtu (24/12) malam hingga Minggu (25/12) siang karena hujan cukup lebat, tidak menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung ke kawasan Malioboro.

Sepanjang Sabtu (24/12) tercatat terdapat lebih dari 33.000 wisatawan yang berkunjung ke Malioboro atau mencapai sekitar 109.000 wisatawan selama lima hari terakhir, 20-24 Desember.

“Sebagian besar pengunjung menghabiskan waktu mereka di Malioboro dengan berjalan-jalan menikmati suasana sembari mencari oleh-oleh atau menikmati kuliner serta melakukan swafoto di lokasi-lokasi ikonik,” katanya.

Baca juga: Jumlah pengunjung sejumlah tempat wisata di Yogyakarta meningkat
Baca juga: Wisata malam di Kota Yogyakarta masih kurang


Ekwanto memperkirakan jumlah pengunjung terus meningkat dan puncaknya saat libur akhir tahun atau saat malam pergantian tahun.

Selain di Malioboro, kepadatan wisatawan juga terjadi di GL Zoo yang juga mengalami kenaikan kunjungan sejak 17 Desember.

“Kunjungan harian hampir sama seperti kunjungan saat akhir pekan, sekitar 4.000 wisatawan per hari dan pada akhir pekan lalu mencapai 6.000 wisatawan,” kata Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo Fahmi Ramadhan.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke kebun binatang tersebut diperkirakan mencapai 4.000-5.000 orang per hari, dengan fluktuasi kunjungan dipengaruhi kondisi cuaca karena sebagian besar wahana berada di luar ruang.

Pengelola GL Zoo juga mengoptimalkan dua pintu masuk, di sisi barat atau di Jalan Veteran, dan di sisi timur atau di Jalan Kebun Raya.

Selama libur akhir tahun juga akan dilakukan penyesuaian tarif kunjungan dari Rp60.000 menjadi Rp75.000 yang akan berlaku hingga 1 Januari 2023. Pengunjung bebas menikmati fasilitas seperti kereta dan kapal dan edukasi satwa.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024