Pelaku pariwisata berkolaborasi untuk bangkit

id PHRI,laNyalla,ketua DPD RI,pelaku pariwisata,kolaborasi,pascapandemi

Pelaku pariwisata berkolaborasi untuk bangkit

Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) saat bertemu Ketua Dewan Pimpinan Daerah RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti di Surabaya, Jumat (24/2/2023). (ANTARA/HO-DPD RI)

Surabaya (ANTARA) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) berharap Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dapat mendorong para pelaku pariwisata setempat untuk saling berkolaborasi agar bisa bangkit kembali pascapandemi COVID-19.

"Kami berharap Pak LaNyalla sebagai Ketua DPD RI mendorong pihak-pihak terkait untuk satu tekad dan satu irama menggerakkan kembali pariwisata di Jatim," ujar Ketua PHRI Jatim Dwi Cahyono dalam keterangan tertulis diterima di Surabaya, Sabtu.

Dwi Cahyono telah menyampaikan hal tersebut ke LaNyalla di Kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur di Surabaya pada Jumat (24/2).

Menurut Dwi Cahyono, saat ini pariwisata di Jatim memang sudah mulai menggeliat kembali setelah terpuruk akibat pandemi COVID-19, namun perlu campur tangan berbagai pihak untuk percepatannya.

Apalagi, katanya, para pelaku bisnis hotel dan restoran tidak bisa bergerak sendirian, sebab sektor pariwisata sangat berkaitan dengan berbagai bidang lainnya.

"Saat ini merupakan momentum tepat untuk membangkitkan kembali sektor tersebut. Tetapi kami memandang perlunya kolaborasi berbagai pihak. Salah satunya dalam hal promosi ke setiap daerah di Indonesia lainnya," ujar dia.

Sementara itu, Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti menegaskan siap mendorong para pemangku kepentingan di daerah untuk berperan serta dan bersama-sama dalam percepatan kemajuan pariwisata.