Dinkes Kulon Progo siapkan fasilitas kesehatan antisipasi COVID-19 varian Arcturus

id Kulon Progo ,Dinkes Kulon Progo,COVID-19

Dinkes Kulon Progo siapkan fasilitas kesehatan antisipasi COVID-19 varian Arcturus

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan berupa tempat tidur tambahan di rumah sakit rujukan untuk mengantisipasi peningkatan penularan COVID-19 varian Arcturus.

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami di Kulon Progo, Jumat, mengatakan rumah sakit rujukan COVID-19 di Kulon Progo, yakni RSUD Wates dan RSUD Nyi Ageng Serang.

"Kami telah menyiapkan tempat tidur tambahan di rumah sakit rujukan jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus yang harus dirawat inap," kata Sri Budi Utami.

Baca juga: Dinkes Gunungkidul memperkuat pelayanan vaksinasi COVID-19

Ia mengatakan Dinkes Kulon Progo juga menyiapkan sumber daya manusia, obat dan sarana prasarana lainnya.

"Kami siap siagakan untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 varian Arcturus," katanya.

Sri Budi mengatakan COVID-19 varian Arcturus memiliki gejala sama dengan COVID-19 varian sebelumnya. Ia mengimbau kepada masyarakat yang bergejala segera melakukan pemeriksaan di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat dan melakukan isolasi mandiri.

Saat ini yang perlu diwaspadai adalah kelompok rentan, yakni lansia dan komorbid. Sehingga, untuk yang bergejala, baik pemudik maupun keluarga, disarankan mengurangi kontak seminimal mungkin untuk mengurangi risiko penularan.

"Hal yang penting adalah tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Sri Budi Utami juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh mengantisipasi penyakit pancaroba.

Adapun tips biar tubuh tetap sehat, yakni banyak minum, jangan menunggu haus. Kemudian, perbanyak makan buah dan sayur, konsumsi makanan sehat dan bergizi. Tips lain, yakni cukup istirahat dan lakukan olahraga ringan dan teratur.

"Saat pancaroba akan banyak penyakit yang timbul, seperti flu, demam, pilek dan batuk. Hal penting adalah jaga kesehatan," katanya.

Baca juga: Dinkes Bantul siap lakukan pelacakan jika kasus COVID-19 meningkat