Pulihkan ekonomi, 3.000 warung mikro-ultra mikro diberdayakan

id Doni P Joewono

Pulihkan ekonomi, 3.000 warung mikro-ultra mikro diberdayakan

Deputi Gubernur Bank Indonesia,  Doni Primanto Joewono di Jambi, Senin (10/3/2023) (ANTARA/HO-BI Jambi)

Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) melalui Program Dedikasi untuk Negeri tahun 2022-2023 memberikan bantuan pemberdayaan kewirausahaan kepada 3.825 pemilik warung mikro dan ultra mikro untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

"Jumlah penerima manfaat ini meningkat dari 3.310 penerima di tahun 2020-2021," kata Deputi Gubernur BI dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa

Para pemilik warung mikro dan ultra mikro tersebut adalah kelompok masyarakat yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), terdampak COVID-19, berpenghasilan rendah dan rentan secara ekonomi (subsisten), difabel, dan wirausahawan pemula.

Mereka tersebar di berbagai daerah di Indonesia antara lain Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Lampung dan Sumatera Selatan.

Doni menuturkan program tersebut sebagai wujud komitmen BI dalam mendukung kebangkitan ekonomi nasional, sekaligus wujud nyata Program Dedikasi untuk Negeri dalam mendukung pemberdayaan ekonomi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Menurut dia, dalam rangka mendukung akses keuangan penerima manfaat perlu dilengkapi dengan ketersediaan sistem pembayaran nontunai seperti QRIS untuk mendorong inklusi keuangan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI berdayakan lebih 3.000 warung mikro dan ultra mikro
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024