Upaya strategis pelaksanaan akreditasi PAUD

id PAUD

Upaya strategis pelaksanaan akreditasi PAUD

Dialog interaktif capaian kinerja BAN PAUD dan PNF. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Jakarta (ANTARA) - Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) mengemukakan ada sejumlah kebijakan strategis dalam pelaksanaan proses akreditasi yang bermutu untuk satuan PAUD dan PNF.

"Pertama inovasi mekanisme akreditasi berbasis aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi pada satuan PAUD dan PNF sehingga dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien," kata Ketua BAN PAUD dan PNF Supriyono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selain itu adalah pengembangan sistem penilaian akreditasi dengan dua instrumen, yaitu Penilaian Prasyarat Akreditasi yang berbasis dokumen dan Instrumen Penilaian Visitasi yang berbasis kinerja.

Kemudian, meningkatkan kuota akreditasi secara signifikan. Selama periode 2018-2022, kata dia, jumlah satuan pendidikan yang telah diakreditasi mencapai 122.509 satuan.

Selanjutnya, adanya peningkatan kualitas pelaksanaan akreditasi melalui berbagai pelatihan bagi para asesor. Selain itu, kata dia, dilakukan pengembangan Sistem Penilaian Akreditasi pada satuan PAUD dan PNF.



 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024