Literasi Pancasila harus diperkuat di kalangan generasi muda

id MPR RI, ketua MPR RI, wakil ketua MPR RI, syarief hasan,peringatan harlah pancasila, literasi pancasila, empat pilar MPR

Literasi Pancasila harus diperkuat di kalangan generasi muda

Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan. ANTARA/HO-MPR

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan mengajak anak bangsa untuk meningkatkan literasi tentang Pancasila dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, sekaligus mengingatkan bahwa Indonesia merupakan bangsa besar yang dipersatukan dengan ideologi Pancasila.

"Pancasila merupakan satu kekuatan kita sebagai bangsa. Dengan Pancasila, kita harus menyatu dan tidak boleh ada dikotomi di antara anak bangsa. Yang mempersatukan kita adalah Pancasila. Inilah yang patut diresapi dan dipahami anak bangsa," kata Sjarifuddin Hasan dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Syarief mengatakan tanpa Pancasila bangsa Indonesia akan terpecah belah. Oleh karena itu, Pancasila harus menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni harus dimaknai seperti itu.

Ia mengakui bahwa masih ada warga yang belum mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, Syarif Hasan menekankan pentingnya literasi Pancasila kepada masyarakat.

"Kita patut meningkatkan literasi Pancasila atau sosialisasi Pancasila. Mungkin banyak warga yang belum mendapat informasi utuh tentang Pancasila. Kita harus positif thinking, mungkin karena ketidaktahuan mereka sehingga mereka tidak mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wakil Ketua MPR ajak anak bangsa tingkatkan literasi tentang Pancasila
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024