Benarkah ada apotek jual vitamin penghilang stunting instan?

id idai,stunting,protein hewani,posyandu

Benarkah ada apotek jual vitamin penghilang stunting instan?

Tangkapan layar Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Novitria Dwinanda (bawah) dalam Siaran Radio Kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (13/7/2023). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Novitria Dwinanda menyebut tidak ada vitamin yang dijual di tiap apotek dapat menghilangkan stunting secara instan pada anak.

“Kalau vitamin itu ada, tentu pemerintah sudah membagikannya secara gratis seperti pasien COVID-19. Sayangnya, vitamin untuk stunting tidak ada. Jadi yang meningkatkan tinggi badan atau menghilangkan stunting itu tidak ada,” kata Novitria dalam Siaran Radio Kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Novitria menuturkan stunting merupakan sebuah kondisi dimana anak mengalami kekurangan gizi kronik atau infeksi yang terjadi dalam jangka waktu yang lama. Dikarenakan berkaitan dengan asupan gizi, penanganan stunting diberikan melalui pemberian kalori yang tepat.

Pada saat ini pemberian kalori yang tepat sedang digaungkan melalui slogan Isi Piringku agar konsumsi asupan gizi keluarga terjaga, termasuk pentingnya pemberian protein hewani seperti telur, daging ikan, daging ayam atau susu.

“Makanya (dibandingkan vitamin di apotek), sekarang pemerintah dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sama-sama merekomendasikan pemberian pangan lokal dengan jumlah yang tepat. Jadi tidak ada multivitamin tertentu,” katanya yang bekerja di Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Nasional itu.

Menurutnya, lebih baik tiap keluarga melakukan langkah pencegahan dengan mencukupi kebutuhan protein anak, sesuai dengan usianya.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ahli sebut tidak ada vitamin penghilang stunting instan di apotek
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024