Bayi bernama Asep di Jabar bakal diberi hadiah

id Garut, Pemkab Garut, gubernur Jabar, Asep sedunia, asepl berkumpul di Garut, pertemuan Asep

Bayi bernama Asep di Jabar bakal diberi hadiah

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan sambutan saat acara pertemuan nama Asep di lapangan SOR RAA Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (15/7/2023). (ANTARA/Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan siap memberikan hadiah untuk siapa saja orang tua yang memberi nama Asep kepada anaknya yang baru lahir dalam rangka menjaga kelestarian nama Indonesia, khususnya ciri khas orang Sunda agar tetap ada di setiap generasi.

"Barang siapa yang hamil anaknya Asep nanti akan saya kasih hadiah untuk melestarikan nama Indonesia," kata Ridwan Kamil saat acara pertemuan nama Asep di lapangan SOR RAA Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu.

Ia menuturkan nama Asep itu merupakan hal yang unik, langka, dan menjadi ciri khas nama Indonesia, sehingga nama tersebut harus terlestari agar tetap ada di setiap zaman.

Menurut dia di zaman sekarang tidak banyak masyarakat yang memberi nama orang terdahulu, seperti memberi nama anaknya Asep.

Ia berharap hadiah bagi orang tua yang memberikan nama Asep kepada anak baru lahir itu bisa menjadikan nama Asep tetap terjaga dengan baik sampai kapanpun.

"Karena di generasi baru ini makin punah nama-nama yang unik khas Pasundan, atau khas budaya kita, kebanyakan nama-namanya yang mungkin kita sudah paham," kata pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu.


Ia mengungkapkan Paguyuban Asep Sedunia merupakan organisasi yang unik berbasis nama yaitu Asep dengan jumlah nama tersebut berdasarkan laporan statistik mencapai jutaan orang.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur Jabar siapkan hadiah untuk anak yang diberi nama Asep