Masyarakat diminta gemar memakai kebaya, pinta Jokowi

id Istana Berkebaya,kebaya,kebaya encim,Joko Widodo,Jokowi,HUT RI

Masyarakat diminta gemar memakai kebaya, pinta Jokowi

Presiden RI Joko Widodo saat ditemui usai acara Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (6/8/2023). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menginginkan agar masyarakat luas menggemari kembali busana kebaya untuk dipakai di seluruh kegiatan melalui penyelenggaraan acara Istana Berkebaya yang digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu.

"Kita ingin tidak hanya menteri, tidak hanya di gubernur-an, tetapi untuk masyarakat secara luas. Kita ingin agar menyenangi kembali, menggemari lagi pemakaian kebaya di seluruh kegiatan, seluruh 'event-event' yang ada di Tanah Air," kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, acara Istana Berkebaya bertujuan mengenalkan kembali akan karakter dan kepribadian masyarakat Indonesia melalui kebaya.

Ia menilai kebaya adalah karakter wanita Indonesia yang anggun, lemah lembut, namun bersahaja.

Kepala Negara menginginkan pemakaian kebaya tidak hanya digencarkan di Jakarta, tetapi juga di daerah dengan busana khasnya masing-masing.

"Saya kira ini terus harus dilakukan dengan gencar tidak hanya di Jakarta, tetapi di daerah-daerah dengan kebaya masing-masing karena ada kebaya encim di Jakarta, ada kebaya Sunda, kebaya Jawa, kebaya Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, semuanya ada kebaya," kata Presiden.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi ingin masyarakat luas kembali gemar memakai kebaya
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024