Totok Daryanto dapat restu dari PD Muhammadiyah Bantul maju Pileg DPR Dapil DIY

id Totok Daryanto ,Caleg DPR RI ,PD Muhammadiyah Bantul

Totok Daryanto dapat restu dari PD Muhammadiyah Bantul maju Pileg DPR Dapil DIY

Acara silaturahmi Totok Daryanto dan TD Center Bantul di Kantor Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (26/8/2023) (Foto dokumentasi)

Yogyakarta (ANTARA) - Calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Partai Amanat Nasional (PAN) Totok Daryanto, mendapat restu dari Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk maju dalam pemilihan anggota legislatif DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) DIY.

Ketua PDM Bantul H. Arba Riksawan Qomaru dalam silaturahmi Totok Daryanto dan TD Center Bantul di Kantor PDM Bantul, Sabtu, mengatakan, restu tersebut diberikan dalam kapasitasnya sebagai warga persyarikatan yang dianggap telah banyak memberi sumbangsih kepada Muhammadiyah DIY dan warga Bantul.

"Meskipun secara organisasi tidak boleh memihak, namun organisasi juga perlu memberikan restu kepada kader-kadernya, agar nantinya bisa memberikan spirit ke-Muhammadiyah-an saat kerja-kerja di parlemen," katanya.

Dia mengatakan, jika kelak Totok Daryanto terpilih dan semoga terpilih, diharapkan mampu berbicara tentang Islam Berkemajuan, ekaligus mampu mengintegrasikan ke dalam peran-peran anggota legislatif.

"Bagaimanapun peran partai politik dalam Muhammadiyah memiliki irisan yang tebal. Partai politik tentunya tidak bicara soal kepemiluan saja, pasca dari itu harus mampu menjawab pertanyaan masyarakat dan warga Muhammadiyah perihal kontribusi untuk persyarikatan," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua PDM Bantul Sahari mengatakan, Muhammadiyah tidak bisa mangkir dari dunia politik, tinggal bagaimana kader-kadernya, seperti Totok Daryanto yang kembali mencalonkan diri untuk tetap berkhidmat dalam menampung seluruh aspirasi masyarakat warga Muhammadiyah.

"Muhammadiyah merupakan alat politik dalam jalan berdakwah. Tidak kemana mana namun ada dimana mana," sambung Saebani, yang juga Wakil Ketua PD Muhammadiyah Bantul.

Menanggapi hal itu, Totok Daryanto siap melakukan kolaborasi strategis karena sebagai kader Muhammadiyah dan PAN, dirinya memiliki tanggung jawab untuk bagaimana menyalurkan aspirasi, terlebih partai ini memiliki hubungan erat dengan Muhammadiyah.

"Saya berterima kasih kepada warga DIY dan Muhammadiyah, karena pada dua periode sebelumnya pernah diamanahi menjadi anggota DPR Dapil DIY. Hari ini saya kembali bersilaturahim sekaligus "kulo nuwun" (permisi) untuk berjuang di parlemen," kata Bendahara Umum DPP PAN tersebut.