Budaya osing-teknologi dipadukan di agrowisata Tamansuruh gaet wisatawan

id PUPR,Agrowisata Tamansuruh

Budaya osing-teknologi dipadukan di agrowisata Tamansuruh gaet wisatawan

Arsip - Kementerian PUPR menyelesaikan revitalisasi Kawasan Agrowisata Tamansuruh (AWT), Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dengan mengusung konsep Desa Osing yang menyuguhkan bangunan rumah adat daerah setempat, serta juga penyediaan teknologi melalui Kampung Cerdas (Smart Kampung). ANTARA/HO-Kementerian PUPR

Jakarta (ANTARA) - Kementerian PUPR menyelesaikan revitalisasi Kawasan Agrowisata Tamansuruh (AWT), Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dengan mengusung konsep Desa Osing menyuguhkan bangunan rumah adat daerah setempat dan penyediaan teknologi melalui Kampung Cerdas (Smart Kampung).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan di Jakarta, Senin, mengatakan konsep revitalisasi Agrowisata Tamansuruh disesuaikan dengan fungsi objek wisata yang memanfaatkan sektor pertanian dipadukan kelestarian lingkungan dan budaya lokal.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities, dan event baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga," kata Basuki.

Penataan kawasan Agro Wisata Tamansuruh dikerjakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur, Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR sejak September 2021.

Rumah tradisional Osing memiliki struktur utama dengan empat kolom menopang bangunan yang disebut Soko. Penggunaan bahan material kayu dengan kualitas terbaik dan penanaman bunga di sekeliling Rumah Osing menambah nuansa khas keaslian budaya Banyuwangi.

Penataan juga dilakukan dengan meningkatkan akses jalan dan parkir, bangunan inti berupa aula besar yang dikelilingi kolam ikan serta pembangunan sarana prasarana pendukung wisata lainnya seperti ticketing, pedestrian, kios UMKM, dll.

Agrowisata Tamansuruh merupakan destinasi wisata alam seluas 10,5 hektare yang terletak di lereng kaki Gunung Ijen, tepatnya di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah. Dengan revitalisasi agrowisata ini, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik atau mancanegara, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PUPR padukan budaya osing dan teknologi di agrowisata Tamansuruh

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024