Taliban bantah teroris muncul lagi di Afghanistan

id Taliban,DK PBB,ISIS,Afganistan

Taliban bantah teroris muncul lagi di Afghanistan

Arsip - Sejumlah anggota pasukan keamanan Afghanistan berjaga di dekat lokasi sebuah ledakan di Provinsi Kunar, Afghanistan (12/6/2022). (ANTARA FOTO/Xinhua/Qazafi Mal/rwa)

Ankara (ANTARA) - Pemerintah sementara Taliban membantah laporan Dewan Keamanan PBB yang mengklaim sejumlah kelompok teroris, termasuk ISIS, bermunculan di Afghanistan dan memiliki akses ke senjata peninggalan pasukan asing pimpinan AS.

"Keemiran Islam Afghanistan sekali lagi membantah tudingan tak berdasar ini," kata Taliban.

Mereka menyeru pihak yang menyebarkan isu itu agar transparan, padahal dalam dua tahun terakhir pasukan keamanan Afghanistan telah melancarkan ratusan operasi terhadap senjata ilegal dan ISIS.

"Alhasil senjata dan amunisi disita dan kemampuan operasional ISIS dihancurkan," kata juru bicara pemerintah Zabihullah Mujahid via X (Twitter) pada Sabtu.

Bantahan itu muncul setelah dua pejabat kontraterorisme PBB mengungkapkan kepada Dewan Keamanan PBB pada Jumat bahwa ISIS dan cabang-cabangnya seperti Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), dibekali senjata kaliber NATO dan terus menjadi ancaman besar di zona konflik serta negara tetangga.

"Siapa saja yang menyampaikan tudingan tak berdasar seperti itu, pati mendapatkan informasi minim atau sedang mendorong kemunculan ISIS yang sudah dilenyapkan dengan propaganda, selain memicu ketidakstabilan di kawasan," kata dia.

Sumber: Anadolu
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Taliban bantah klaim PBB teroris muncul lagi di Afghanistan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024