Korsel berkontribusi untuk kecerdasan buatan

id KTT ASEAN Korea Selatan,Presiden Korsel Yoon Suk Yeol,kecerdasan buatan,pandangan asean tentang indo pasifik,AOIP

Korsel berkontribusi untuk kecerdasan buatan

Presiden Joko Widodo (kanan) menyambut kedatangan Presiden Republik Korea Selatan Yoon Suk Yeol, sebelum ASEAN-Republic of Korea (ROK) Summit ke-24 di Jakarta, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Dwi Prasetya/foc. (ANTARA FOTO/DWI PRASETYA)

Jakarta (ANTARA) - Korea Selatan mengumumkan kontribusi sebesar 30 juta dolar AS (sekitar Rp459,5 miliar) untuk peningkatan kapasitas di bidang kecerdasan buatan (AI) negara-negara ASEAN.

Selain itu, Korsel juga berkomitmen sebesar 16 juta dolar AS (sekitar Rp245 miliar) untuk implementasi Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik (AOIP).

Pernyataan tersebut diumumkan oleh Presiden Korsel Yoon Suk Yeol dalam KTT ASEAN-Korea Selatan yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di Jakarta pada Rabu.

“Para leaders membahas kerja sama terutama di sektor ekonomi berkembang, seperti teknologi finansial, ekonomi digital, dan ekosistem startup,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan puncak itu, dibahas mengenai pentingnya melakukan pembaruan atas Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) ASEAN-Korsel.

Para pemimpin juga mengangkat isu yang terkait dengan Semenanjung Korea, terutama peluncuran rudal dan program nuklir yang bertentangan dengan hukum internasional dan mengancam keamanan kawasan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Korsel umumkan kontribusi untuk kecerdasan buatan dan AOIP

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024