KAI-IPRS tampilkan miniatur loko seri DD52

id kai purwokerto,lokomotif uap,stasiun purwokerto

KAI-IPRS tampilkan miniatur loko seri DD52

Kepala PT KAI (Persero) Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat (kiri) memerhatikan bagian roda pada miniatur lokomotif uap seri DD52 yang dipamerkan di Hall Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (2/10/2023) sore. ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto bersama komunitas pecinta kereta api Indonesia Railway Preservation Society (IRPS) menghadirkan miniatur lokomotif uap seri DD52 di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Miniatur lokomotif uap terbesar dalam sejarah perkeretaapian Indonesia itu dihadirkan pada pameran di Hall Stasiun Purwokerto selama satu bulan, 2-31 Oktober 2023.

Saat ditemui seusai pembukaan pameran, Senin sore, Kepala PT KAI (Persero) Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat mengatakan miniatur lokomotif uap terbesar di Indonesia itu telah tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada Juni 2023 di Semarang dan tercatat sebagai rekor ke-11.043.

"Alhamdulillah Purwokerto ketempatan sampai 30 hari ke depan," jelasnya.



Ia mengatakan dengan kehadiran miniatur lokomotif tersebut, pihaknya akan mengedukasi serta menyosialisasikan kepada masyarakat tentang sejarah kereta api agar semakin mencintai moda transportasi massal tersebut.

Menurut dia, pameran miniatur lokomotif uap seri DD52 tersebut diinisiasi oleh PT KAI (Persero), IRPS, dan Tridi Zaiku Indonesia.

Dalam hal ini, pengerjaan miniatur lokomotif uap DD52 menggunakan printer tiga dimensi (3D) dengan memiliki ukuran skala 1 banding 4.

Miniatur lokomotif uap DD52 tersebut memiliki panjang 580 centimeter, lebar 68 cm, dan tinggi 90 cm dengan total berat 200 kilogram.

"Lokomotif DD52 ini menurut sejarahnya dioperasikan tahun 1924. Jadi memang sudah sangat tua," ungkap Daniel.

Sementara itu, Ketua IPRS Ricky Dirjo mengatakan Purwokerto merupakan kota keempat yang disinggahi miniatur lokomotif uap seri DD52.

Sebelumnya, kata dia, miniatur lokomotif tersebut dipamerkan di Kota Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

"Nanti dua lagi, di Bandung pada bulan November dan Garut bulan Desember. Masing-masing kota selama satu bulan," jelasnya.

Menurut dia, Garut dipilih sebagai lokasi terakhir kegiatan pameran karena lokomotif uap seri DD53 mengakhiri kariernya di kota tersebut.
 
Pameran miniatur lokomotif uap seri DD52 yang di Hall Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, 2-31 Oktober 2023. ANTARA/Sumarwoto



Sejarah lokomotif DD52


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KAI-IPRS hadirkan miniatur lokomotif seri DD52 di Stasiun Purwokerto