Kustomfest 2023 "Retro Future" digelar di JEC

id kustomfest

Kustomfest 2023 "Retro Future" digelar di JEC

Penyelenggara Kustomfest 2023 dan mobil kustom Flat Deck sebagai "lucky draw". (ANTARA/HO-Kustomfest)

Yogyakarta (ANTARA) - Indonesia Kustom Kulture Festival atau Kustomfest 2023 bertema "Retro Future" digelar di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta pada 7-8 Oktober 2023.

"Pada awal Oktober, ajang 'Lebaran' yang paling ditunggu oleh pecinta kustom di Indonesia, Kustomfest kembali digelar dengan mengangkat tema 'Retor Future'," kata Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat.

Kustomfest siap menghadirkan rangkaian program besar di antaranya Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Journey, Kustom Paint Exhibition, Von Dutch Wizard Lamp Paint Contest, Kuroboshi Airbrush/Spray Paint Kontest, Kustom Paint Battle, Helmet Kustom Paint Kontest, Diecast Kontest, Kustom Bicycle Show, RC Show Off Body Contest, BMX Kontest, Pin Up Contest, dan balapan Flat Track.

Selain akan menjadi ajang pertemuan akbar para automotive enthusiast dari dalam dan luar negeri, ekspresi para builder dan painter di skena kustom kulture, unjuk gigi para UMKM dan jenama lokal, Kustomfest 2023 menjadi wahana promosi para produsen otomotif dan apparel terkemuka.

Hal ini sesuai dengan spirit KUSTOMFEST untuk selalu membawa perubahan yang mempunya dampak besar bagi tumbuhnya industri kreatif hingga ke mancanegara.

Mengangkat tema "Retro Future", Kustomfest mendorong sebuah karya untuk dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menembus batas agar menjadi produk yang bernilai tinggi di masa mendatang.

"Tema Retro Future tahun ini kami angkat sebagai sebuah cerminan dari sejarah panjang produk produk otomotif terkategori dalam berbagai era yang lazim disebut vintage, prewar, classic, retro," katanya.

"Pada saat sebuah kendaraan dibuat baik desainer, produsen sales sampai pembeli tidak pernah berpikir produk tersebut akan menjadi sebuah produk vintage, klasik, retro dan sebagainya di masa yang akan datang. Kita tahu bahwa yang membedakan dari setiap era tersebut adalah muncul karya yang dihasilkan oleh pelaku kustom kulture," ujar Lulut.

Lulut menambahkan, tagline ini mengajak untuk berpikir, melihat mencermati bahwa kendaraan atau produk yang saat ini mungkin terlihat biasa saja tetapi di masa depan bisa jadi sesuatu yang langka dan menjadi produk buruan kolektor.

Untuk makin mempromosikan karya para builder Indonesia termasuk wisata dan budaya ke mancanegara, para builder internasional dengan reputasi mendunia akan dihadirkan oleh Kustomfest.

"Nama-nama yang akan hadir di antaranya Mooneyes, Hiro 'Wildman' Ishii, Natqq, Winston Yeh - Rough Crafts, Kaichiroh Kurosu - Cherrys Company, Masayuki Sugihara - Luck MC, Yuichi Yoshizawa - CW Zon, Toshiyuki 'Cheetah' Osawa," katanya.

Tidak sekadar hiburan, Kustomfest juga terus menghadirkan edukasi mengenai teknologi dan inovasi yang tengah berkembang di era sekarang melalui kegiatan talkshow dengan menghadirkan pelaku aktif. Topik menarik seputar elektrifikasi yang tengah menjadi program pemerintah yakni percepatan konversi sepeda motor listrik dibeberkan dalam talkshow bersama PT Pegadaian dan Elders Elettrico dengan mengundang vokalis Kaka Slank sebagai pengguna sepeda motor listrik.

"Dari panggung musik, aksi band papan atas seeprti Deadsquad, Kelompok Penerbang Roket, The SIGIT, Jangar dan The Hydrant akan menjadi beberapa penampil untuk menghibur para pengunjung sambil menikmati sajian kuliner dan aktivitas outdoor," kata Lulut.

Ia menambahkan, tradisi yang menjadi salah satu daya tarik dari acara Kustomfest adalah Lucky Draw yang selalu diundi di penghujung acara. Kali ini, Kustomfest menyiapkan hadiah Lucky Draw mobil kustom pickup flat deck. Mobil kustom bermesin enam silinder segaris rancangan tim Retro Classic Cycles ini melibatkan para UMKM otomotif lainnya seperti bengkel cat, mesin, dan interior dalam pembuatannya.

"Hadiah ini kami siapkan untuk penonton setia Kustomfest yang datang dengan membeli tiket masuk seharga Rp100.000," kata Lulut.