Ratusan motor kustom tampil dalam Kustomfest 2024

id kustomfest

Ratusan motor kustom tampil dalam Kustomfest 2024

Ratusan motor kustom tampil dalam Kustomfest 2024 "Lucky 13 Rollin" di JEC pada 5-6 Oktober 2024 (ANTARA/HO-Kustomfest)

Yogyakarta (ANTARA) - Ratusan motor dan puluhan mobil kustom tampil dalam Kustomfest 2024 bertema "Lucky 13 Rollin" di Hall Jogja Expo Center (JEC), Sabtu. Motor dan mobil kustom itu ditampilkan hingga Minggu (6/10).

Dalam acara Kustomfest 2024 "Lucky 13 Rollin" itu insan kustom tanah air berkumpul untuk merayakan Indonesia Kustom Kulture Festival yang telah berlangsung selama 13 tahun.

"Perjalanan tidak mudah selama 13 tahun dilewati dalam suka duka. Momentum angka 13 adalah sebuah keberuntungan, yang diharapkan menjadi tonggak geliat kembali industri kustom tanah air," kata Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi pada pembukaan Kustomfest 2024 "Lucky 13 Rollin" di JEC, Sabtu.

Lulut mengatakan Kustomfest berusaha untuk terus ada dan diharapkan dapat menjadi ruang untuk karya kustom terbaru di tanah air. Industri kustom tanah air akan terus maju ke depan dengan bertumbuhnya kreativitas anak-anak muda, builders Indonesia.

"Kami yakin dunia kustom tanah air akan terus bergerak dengan segala kreasi yang berkembang. Industri kustom terus tumbuh, kolektor yang menyenangi semakin banyak. Builders dari berbagai daerah di Indonesia juga tumbuh," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut Lulut, Kustomfest ingin memberikan wadah, dan ketika insan kreatif tumbuh terus menerus, membawa geliat ekonomi dalam ekosistemnya, ini menjadi sebuah bonus bagi Kustomfest. Brand tumbuh bersama, menginspirasi, dan menggerakkan.

Penasihat Kustomfest KPH Poerbodiningrat mengakui tidak mudah menjaga api semangat modifikasi dunia kustom di Indonesia terus menyala. Ia mengapresiasi seluruh elemen yang berusaha menjaga orisinalitas sebuah karya dapat terwujud nyata.

"Api ini harus selalu kita jaga tetap menyala. Hasil kreativitas anak-anak Indonesia terus terjaga dalam event ini, dan kita bisa lihat. Pesan saya, teruslah berkreasi," katanya.

Menurut dia, 13 tahun untuk sebuah event bukanlah waktu singkat, membuktikan bahwa Kustomfest begitu dinanti dan dinikmati oleh pecinta kustom di tanah air maupun mancanegara.

"Kustomfest tidak menampilkan hal yang sama setiap tahunnya, yang membuat event ini eksis hingga penyelenggaraan ke-13 kalinya. Hal ini menjadi tantangan untuk terus berinovasi, berkreasi, dan menemukan potensi keragaman kustom di Indonesia dan dunia," tutur Poerbodiningrat.

Kustomfest 2024 "Lucky 13 Rollin" menyediakan lucky draw berupa perjalanan ke Jepang bagi pengunjung yang beruntung. Dengan membeli tiket masuk seharga Rp100.000 per orang per hari, pengunjung berkesempatan mendapatkan lucky draw Kustomfest "Lucky 13 Rollin" berupa perjalanan epik sentimentil bertemakan kustom kulture ke Jepang.

Kustomfest 2024 juga menampilkan berbagai acara yakni Harley-Davidson Custom Kings Asia, XSR155 Custom Challenge!, Honda Dream Ride Project, The Cruise Culture, kolaborasi Royal Enfield Super Meteor 650 X AMS Garage, kolaborasi KUSTOMFEST x FREEFLOW KUSTOM.

Kemudian Kustom Journey "Traditional PinstripeExhibition" dan Local Crafter bersama dengan Rollie Monkie, Kustom Paint Battle bersama Samurai Kuroboshi Airbrush. Ada juga ajang balap flat track bersama dua tokoh Have Fun Flat Track dari Jepang yakni Toshiyuki Cheetah Osawa serta Masa Komazaki.

Panggung musik juga menghadirkan nuansa berbeda karena bakal menampilkan genre beragam mulai dari penampilan khusus The Legend of Kasidah Nasida Ria, ST.LOCO, GOREBOMB, NOXA, Mario Zwinkle, TUAN TIGABELAS hingga aksi panggung dari band Industrial Metal asal Bandung, KOIL.