Kustomfest 2023 dihadiri 25.000 pengunjung

id kustomfest

Kustomfest 2023 dihadiri 25.000 pengunjung

Ratusan sepeda motor kustom tampil dalam Kustomfest 2023 di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, 7-8 Oktober (ANTARA/HO-Kustomfest)

Yogyakarta (ANTARA) - Indonesia Kustom Kulture Festival atau Kustomfest Ke-12 Tahun 2023 bertema Retro Future yang digelar di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta pada Sabtu-Minggu (7-8/10) dihadiri sekitar 25.000 pengunjung.

Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi pada penutupan Kustomfest 2023, Minggu (8/10), mengatakan acara yang dibuka oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Sabtu (7/10) menjadi salah satu agenda yang banyak dihadiri oleh warga.

"Mereka tidak hanya dari Yogyakarta, tetapi juga dari kota-kota lain seperti Bandung, Solo, Semarang, Jakarta, Surabaya, Makassar, Pekanbaru, Manado, Balikpapan, Pontianak, dan Denpasar. Bahkan dari negara tetangga seperti Jepang, Malaysia, Brunei, Singapura, dan Thailand," katanya.

Menurut dia, dua hari pelaksanaan acara Kustomfest 2023 dipenuhi oleh berbagai kegiatan dan aktivitas di dalam area JEC mulai dari talkshow, eksebisi dari para tamu dan juga tenant yang bergabung dalam Kustomfest 2023-Retro Future seperti Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Journey.

Kemudian Kustom Paint Exhibition, Von Dutch Wizard Lamp Paint Contest, Kuroboshi Airbrush/Spray Paint Kontest, Kustom Paint Battle, Helmet Kustom Paint Kontest, Diecast Kontest, Kustom Bicycle Show, RC Show Off Body Contest, BMX Kontest, Pin Up Contest dan balapan Flat Track dengan bintang tamu asal Jepang Toshiyuki "Cheetah" Osawa dan Masa Komazaki asal Jepang.

"Kustomfest-Retro Future terlihat mendapatkan respons luar biasa dari pecinta kustom. Mereka rela datang dari berbagai wilayah untuk menghadiri acara ini. Saya berharap Kustomfest tetap bisa menjadi salah satu acara yang secara konsisten menghadirkan sebuah acara berkualitas khas anak kustom. Saya juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan acara pada tahun ini," ujar Lulut.

Tampil sebagai Best Kustom Bike Kustomfest 2023 adalah motor trike berlabur chrome buatan kolaborasi Ayah dan Anak builder Andika Pratama x Dodi Irhas dari Kromworks x Dodi Chrome Cycles. Sementara untuk Best Kustom Car Kustomfest adalah mobil Chevrolet Apache dari workshop Aerodynomite.

"Kedua mobil dan motor itu dinobatkan sebagai yang terbaik oleh para juri acara Kustomfest 2023. Beberapa motor dan mobil peserta juga berhasil mendapatkan apresiasi dari para juri internasional sehingga para builder tersebut juga patut berbangga hati," kata Lulut.

Seperti tradisi dari tahun-tahun sebelumnya, pengundian acara Lucky Draw Kustomfest 2023 menjadi perayaan puncak acara pada tahun ini. Setelah penampilan dari band Jangar dan The Sigit, penonton yang memadati area outdoor menyaksikan pengundian yang dilakukan langsung oleh tim Kustomfest.

Lucky Draw Kustomfest 2023 mobil "Gagak Rimang" berhasil dibawa pulang oleh Dedi Kurniawan pengunjung asal Kota Kendal, Jawa Tengah, yang datang khusus untuk menonton acara Kustomfest dengan membeli tiket di venue.

"Tidak percaya bisa mendapatkan hadiah Lucky Draw ini, terima kasih kepada Kustomfest yang selalu membuat Lucky Draw untuk para penonton setianya dari tahun ke tahun," kata Dedi Kurniawan.