Ratusan motor dan mobil kustom tampil dalam Kustomfest 2023

id kustomfest

Ratusan motor dan mobil kustom tampil dalam Kustomfest 2023

Ratusan sepeda motor kustom tampil dalam Kustomfest 2023 di Jogja Expo Center (JEC), 7-8 Oktober 2023 (ANTARA/HO-Kustomfest)

Yogyakarta (ANTARA) - Ratusan sepeda motor dan mobil kustom tampil dalam Indonesia Kustom Kulture Festival atau Kustomfest 2023 bertema "Retro Future" di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta selama dua hari, 7-8 Oktober 2023.

"Ratusan sepeda motor dan mobil kustom itu memenuhi JEC berpadu dengan berbagai acara menarik penunjang yang bakal tersaji hingga Minggu (8/10)," kata Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi usai pembukaan Kustomfest 2023 di JEC Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, Kustomfest 2023 dibuka oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, yang berharap Kustomfest tidak hanya menjadi event semata, tetapi juga dapat mengelaborasi ekosistem kreatif otomotif di DIY dan Indonesia.

"Sultan juga memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Kustomfest selama 12 tahun tanpa putus. Sultan juga berharap Kustomfest dapat mengelaborasi ekosistem kreatif otomotif di DIY dan Indonesia sehingga membawa lebih banyak manfaat bagi masyarakat," kata Lulut.

Ia menyatakan siap bergerak menindaklanjuti harapan Sultan tersebut untuk mewujudkan ekosistem kreatif otomotif yang membawa lebih banyak manfaat bagi masyarakat.

"Kami siap, karena tujuan Kustomfest memang memberi ruang industri kustom di Tanah Air untuk tampil dan menjadi lebih baik. Kami juga siap membahas lebih detail dengan Pemda DIY terkait segala sesuatunya," kata Lulut.

Penasihat Kustomfest KPH Poerbodiningrat mengatakan ke depan perlu regulasi pemerintah pusat agar ada payung hukum untuk produk kreasi para builder kustom, sehingga sepeda motor dan mobil karya mereka dapat menjadi legal dan dipakai di jalanan secara normal.

Menurut menantu Sri Sultan Hamengku Buwono X itu, produk kustom banyak yang hanya menjadi karya yang dinikmati dan dipajang, tetapi belum dapat dinikmati seutuhnya di jalanan.

"Oleh karena itu, kami ingin dorong agar sepeda motor dan mobil kustom tidak hanya menjadi karya yang dipajang, tetapi juga dapat digunakan secara legal di jalanan," katanya.

Hal itu, kata Poerbodiningrat, menjadi tantangan bagi pemerintah pusat untuk memberikan regulasi pada produk anak bangsa. Apalagi, dunia kustom mempunyai implikasi ekonomi yang cukup luas karena menyangkut UMKM di berbagai bidang.

Kustomfest 2023 menghadirkan rangkaian program besar di antaranya Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Journey, Kustom Paint Exhibition, Von Dutch Wizard Lamp Paint Contest, Kuroboshi Airbrush/Spray Paint Kontest, Kustom Paint Battle, Helmet Kustom Paint Kontest, Diecast Kontest, Kustom Bicycle Show, RC Show Off Body Contest, BMX Kontest, Pin Up Contest, dan balapan Flat Track.

Selain menjadi ajang pertemuan akbar para automotive enthusiast dari dalam dan luar negeri, ekspresi para builder dan painter di skema kustom kulture, unjuk gigi para UMKM dan jenama lokal, Kustomfest 2023 menjadi wahana promosi para produsen otomotif dan apparel terkemuka.

Mengangkat tema "Retro Future", Kustomfest 2023 mendorong sebuah karya untuk dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menembus batas agar menjadi produk yang bernilai tinggi di masa mendatang. Tema Retro Future diangkat sebagai sebuah cerminan dari sejarah panjang produk produk otomotif terkategori dalam berbagai era yang lazim disebut vintage, prewar, classic, dan retro.

Untuk makin mempromosikan karya para builder Indonesia termasuk wisata dan budaya ke mancanegara, para builder internasional dengan reputasi mendunia dihadirkan oleh Kustomfest, seperti Mooneyes, Hiro 'Wildman' Ishii, Natqq, Winston Yeh - Rough Crafts, Kaichiroh Kurosu - Cherrys Company, Masayuki Sugihara - Luck MC, Yuichi Yoshizawa - CW Zon, Toshiyuki 'Cheetah' Osawa.

Tradisi yang menjadi salah satu daya tarik dari acara Kustomfest adalah Lucky Draw yang selalu diundi di penghujung acara. Kali ini, Kustomfest menyiapkan hadiah Lucky Draw mobil kustom pickup flat deck.

Mobil kustom bermesin enam silinder segaris rancangan tim Retro Classic Cycles ini melibatkan para UMKM otomotif lainnya seperti bengkel cat, mesin, dan interior dalam pembuatannya.

Hadiah tersebut disiapkan untuk pengunjung Kustomfest yang datang dengan membeli tiket masuk seharga Rp100.000.