KUSTOMFEST 2022 hadir mengusung tema We'll Be Back!

id kustomfest

KUSTOMFEST 2022 hadir mengusung tema We'll Be Back!

KUSTOMFEST kembali bekerja sama dengan Ambarrukmo Group (ANTARA/HO-IKKF)

Yogyakarta (ANTARA) - KUSTOMFEST --Indonesian Kustom Kulture Festival-- hadir kembali dengan mengusung tema We'll Be Back! di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta pada 1-2 Oktober 2022.

"Ajang yang kerap dijadikan barometer bagi para builder di Indonesia ini kembali berlangsung pada 2022 setelah tidak diadakan secara offline selama hampir 3 tahun," kata Director KUSTOMFEST Lulut Wahyudi di Yogyakarta, Selasa.

Pada tahun ini, KUSTOMFEST kembali bekerja sama dengan Ambarrukmo Group untuk menyambut turis nasional dan internasional yang akan hadir di Yogyakarta pada akhir pekan ini. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di Hotel PORTA by The Ambarrukmo Yogyakarta pada Selasa.

Antusiasme pegiat kustom kulture dalam menyambut Lebaran Kustom ini sudah terasa sejak Agustus lalu. Builder-builder yang ingin karyanya tampil pada acara kali ini sibuk untuk menyelesaikan karyanya setelah mendaftarkan karya mereka ke tim kurasi KUSTOMFEST pada awal September.

"Berbicara mengenai semangat pergerakan yang diusung oleh KUSTOMFEST, setiap tahun selalu ada tema baru sebagai pesan utama yang dibawa. Pada tahun ini KUSTOMFEST hadir dengan We'll Be Back," kata Lulut.

Jargon itu merupakan mencerminkan bentuk eksistensi menghadapi situasi pandemi yang berlangsung dari awal 2020 lalu. Tema ini menjadi penanda kebangkitan dan juga nada optimis bahwa semua akan kembali normal kembali terlepas dari masa pandemi yang melanda sekitar tiga tahun ini.

"KUSTOMFEST selalu membawa semangat pergerakan dunia kustom kulture Indonesia dengan menjadi sebuah wadah bagi builder-builder Tanah Air. Tahun ini KUSTOMFEST hadir dengan tema We'll Be Back yang secara harfiah menyiratkan kembali bergeloranya dunia kustom kulture Indonesia setelah hampir 3 tahun kita tidak bisa berkumpul," ujar Lulut.

Ia menambahkan, pada tahun ini kualitas dari peserta meningkat karena proses seleksi yang dilakukan oleh tim tahun ini lebih ketat dari sebelumnya sehingga bisa dipastikan karya yang akan dipajang nantinya adalah karya baru dan belum pernah ditampilkan pada acara lainnya.

Selain itu, akan ada beberapa konten yang berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya builder internasional yang datang tidak membawa karyanya pada tahun ini mereka akan datang dengan membawa hasil karyanya yang sudah mendunia.

Tercatat Luck MC builder kenamaan Jepang akan membawa motor "Shirley Junior" berbasis H-D FLH 1969 milik bassis eksentrik band Red Hot Chili Pepper - Mr. Flea, Custom Works Zon juga akan membawa "Huracan" yang dibangun dari H-D Twincam 2021, Kaichiroh Kurosu dari Cherry's Company membawa karya "Highway Fighter" dari BMW RNineT 2014.

Cheetah Custom Cycles salah satu penggerak flat track di Jepang akan mengirimkan "The Comet 45" H-D WL 45ci, Sure Shot salah satu builder ternama dari Jepang juga mengirimkan motor "DST" sebuah motor H-D Dyna 1997 yang menjadi motor The Best of Show Mooneyes Hotrod Custom Show. Tidak ketinggalan Mooneyes Company juga akan mengirimkan mobil legendaris "Moon Bug" sebuah VW Type 1 Dragrace 2.300 cc.

Suguhan lain yang mendapatkan antusiasme tinggi adalah balap Flattrack yang akan hadir kembali di area belakang JEC. Beberapa kelas untuk balap serong kiri ini sudah disediakan oleh tim KUSTOMFEST dan khusus disiapkan dengan dukungan beberapa pegiat balap tersebut termasuk Flatout Friday salah satu pencetus event balap Flat track di Amerika Serikat.

Pada acara KUSTOMFEST nantinya juga akan terdapat beberapa display mulai dari motor kustom, mobil Hotrod, sepeda kustom dan berbagai apparel dan aksesoris mulai dari t-shirt, jaket, helm sampai ke part-part motor yang bisa didapatkan di area JEC yang berdiri di lahan kurang lebih 2,5 hektare.

"Membaiknya situasi kali ini kami harapkan bisa menjadi titik terang bagi pelaku dunia kustom Indonesia untuk tetap bisa eksis dan kami berharap di KUSTOMFEST ini bisa menjadi salah satu ajang yang tetap menjadi barometer perkembangan dunia kustom Indonesia," kata Lulut.