Indonesia-Tonga jajaki kerja sama ekowisata

id kerja sama indonesia tonga,ekowisata,ktt ais forum

Indonesia-Tonga jajaki kerja sama ekowisata

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) berbincang dengan Wakil Perdana Menteri Tonga Samiu Kuita Vaipulu saat pertemuan bilateral di sela Pertemuan ke-5 Tingkat Menteri AIS Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (10/10/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT AIS Forum 2023/Jessica Wuysang/nym (Jessica Wuysang/Jessica Wuysang)

Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Wakil Perdana Menteri Tonga Samiu Kuita Vaipulu mendiskusikan penjajakan kerja sama di bidang ekowisata, penanggulangan bencana, perikanan, dan mitigasi dampak perubahan iklim.

Mengawali pertemuan bilateral yang dilakukan di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri AIS Forum di Nusa Dua, Bali, Selasa, Retno dan Vaipulu membahas kerja sama yang dapat dilakukan dalam kerangka Forum Negara Pulau dan Kepulauan tersebut.

“Keduanya sepakat untuk melakukan kerja sama ekowisata dalam kerangka AIS Forum, khususnya untuk meningkatkan infrastruktur ekowisata di Tonga,” demikian keterangan tertulis Kemlu RI.

Sementara dalam kerangka bilateral, Vaipulu mengusulkan kerja sama peningkatan kapasitas untuk manajemen risiko penanggulangan bencana alam maupun mitigasi dampak perubahan iklim. Kerja sama itu dianggapnya perlu mengingat Tonga rentan terdampak bencana alam di kawasan Pasifik.

Selain itu, Vaipulu juga meminta Indonesia untuk menjadi mitra investasi, salah satunya di bidang perikanan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia dan Tonga jajaki kerja sama ekowisata

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024