Misi kebudayaan MAC UI menuju Arab Saudi dan Turki

id mac ui,ui depok,riyadh,jeddah

Misi kebudayaan MAC UI menuju Arab Saudi dan Turki

Kepala Makara Art Center (MAC) Universitas Indonesia (UI) Dr. Ngatawi Al-Zastrouw (ANTARA/HO: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Kepala Makara Art Center (MAC) Universitas Indonesia (UI) Dr. Ngatawi Al-Zastrouw memimpin delegasi misi kebudayaan yang akan berangkat ke Turki dan Arab Saudi untuk memperkenalkan seni dan budaya religi.

Manager operasional misi kebudayaan MAC UI, Syamsul di kampus UI Depok, Selasa mengatakan program yang mengusung tema “Persaudaraan dan Perdamaian Antar Iman Melalui Seni Budaya” ini memiliki dua tujuan utama.

Pertama, mensosialisasikan khasanah kebudayaan Islam Nusantara yang damai, toleran, dan moderat kepada masyarakat dunia, khususnya Turki dan Arab Saudi, lewat seni dan budaya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan publik internasional bisa mengenal dan melihat khasanah seni dan budaya Indonesia, khususnya yang bernuansa religi, sehingga diharapkan dapat meminimalisir kesan negatif terhadap Islam.


Kedua, memperkenalkan beberapa bentuk seni religi yang digunakan oleh para wali dan ulama Nusantara dalam berdakwah mengajarkan ajaran Islam di Nusantara.

Penonton akan menyaksikan dari dekat bahwa pendekatan dakwah dan pendekatan budaya tidak saja melahirkan berbagai jenis tradisi keagamaan, tetapi juga telah membentuk karakter dan wajah Islam yang sejuk, damai, dan indah, katanya.

Ia menambahkan, penunjukan kepala MAC UI sebagai ketua delegasi merupakan bentuk apresiasi para seniman kepada MAC UI yang telah banyak memberikan pendampingan dan pembinaan kepada seniman dan komunitas seni di berbagai daerah.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Misi kebudayaan MAC UI bertolak ke Turki dan Arab Saudi