BCA Syariah kenalkan produk pembiayaan syariah ke masyarakat Yogyakarta

id bca syariah

BCA Syariah kenalkan produk pembiayaan syariah ke masyarakat Yogyakarta

Kepala Cabang BCA Syariah Yogyakarta Dian Sukmawati (kiri) menyerahkan kartu debit kepada nasabah pada Financial Expo (Fin Expo) 2023 di Pakuwon Mall Yogyakarta, Kamis (26/10/2023). (ANTARA/HO-BCA Syariah)

Yogyakarta (ANTARA) - PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) hadir memperkenalkan ragam produk tabungan dan pembiayaan syariah kepada masyarakat Yogyakarta dalam kegiatan Financial Expo (Fin Expo) 2023 yang diselenggarakan di Pakuwon Mall Yogyakarta, 26-29 Oktober 2023.

Fin Expo 2023 adalah kegiatan pameran produk keuangan yang merupakan puncak acara dari Bulan Inklusi Keuangan (BIK) sebagai salah satu kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkolaborasi dengan industri keuangan untuk meningkatkan literasi dan mendorong inklusi masyarakat terhadap produk keuangan.

"Partisipasi BCA Syariah merupakan bentuk dukungan terhadap tujuan kegiatan OJK, khususnya untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan produk perbankan syariah," kata Kepala Cabang BCA Syariah Yogyakarta Dian Sukmawati.

Ia mengatakan, pada Fin Expo 2023, BCA Syariah menghadirkan berbagai solusi kebutuhan perbankan syariah bagi masyarakat dengan keunggulan kemudahan dan kenyamanan transaksi yang didukung oleh electronic channel yang andal seperti Mobile dan Internet Banking dan Jaringan ATM serta EDC BCA yang tersebar luas.

"BCA Syariah turut mendukung Bulan Inklusi Keuangan 2023 dengan aktif melakukan rangkaian kegiatan edukasi dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat. Sampai dengan September 2023, BCA Syariah telah melaksanakan tidak kurang dari 31 kegiatan edukasi perbankan syariah dengan jumlah peserta mencapai 6.500 peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, wartawan, dan pelaku UMKM," katanya.

Dalam pameran yang diselenggarakan selama 4 hari ini, BCA Syariah menghadirkan berbagai produk unggulan di antaranya produk tabungan Tahapan iB, Tahapan Rencana iB, serta tabungan ibadah haji dan umrah yaitu Tahapan Mabrur iB. Sementara untuk kebutuhan pembiayaan, BCA Syariah menghadirkan berbagai promo pembiayaan konsumer yaitu KPR iB, KKB iB, dan Emas iB.

KPR iB, yakni fasilitas pembiayaan kepemilikan rumah berdasarkan akad jual beli (murabahah) untuk rumah ready stock atau inden melalui developer yang sudah bekerja sama dengan BCA Syariah dengan jangka waktu hingga 30 tahun.

Pada Fin Expo 2023 ini, BCA Syariah memberikan penawaran kepastian angsuran hingga 10 tahun dengan margin yang kompetitif setara dengan 7,25 persen efektif per tahun.

Selain itu, tersedia juga fitur pembiayaan KPR iB Take Over dan Refinancing, yang merupakan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan konsumtif dengan jaminan rumah tinggal atau ruko.

BCA Syariah juga menghadirkan solusi pembiayaan kendaraan roda empat yaitu KKB iB, dengan kepastian angsuran hingga 8 tahun untuk mobil baru dan 6 tahun untuk mobil bekas. Dalam kesempatan ini, KKB iB dihadirkan dengan promo margin fleksibel setara 3,13 persen hingga 4,13 persen flat per tahun.

Selain itu, untuk kebutuhan investasi, BCA Syariah menghadirkan produk pembiayaan Emas iB, yaitu pembiayaan untuk kepemilikan logam mulia Antam mulai dari 10 gram dengan angsuran pasti mulai 1 hingga 5 tahun. Pada gelaran Fin Expo 2023 ini, BCA Syariah dapat melayani akad di tempat untuk pembiayaan Emas iB.

"Kami ingin memberikan customer experience yang baik bagi nasabah. Nasabah tidak perlu repot datang ke cabang BCA Syariah untuk mengajukan pembiayaan Emas iB. Di booth BCA Syariah proses pembiayaan hingga akad dapat langsung kami layani di sini," ujar Dian.

Menurut dia, keunggulan dari pembiayaan syariah adalah kepastian angsuran dan jangka waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, pembiayaan syariah sangat cocok untuk generasi muda.

"Kepastian angsuran hingga akhir masa pembiayaan dapat memberikan kenyamanan dan keleluasaan bagi nasabah untuk perencanaan keuangan
ke depan," kata Dian.

Ia juga mengemukakan BCA Syariah Kantor Cabang (KC) Yogyakarta terus menunjukkan pertumbuhan yang positif. Tercatat sampai dengan September 2023, asetnya tumbuh 73,9 persen secara tahunan mencapai Rp122 miliar.

Pertumbuhan aset didorong oleh peningkatan pembiayaan yang mencapai Rp120 miliar, tumbuh 176 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tingkat kepercayaan nasabah untuk menempatkan dana turut tercermin pada pertumbuhan Dana Pihak Ketiga yang mencapai Rp101 miliar atau tumbuh 58 persen dibandingkan September 2022.

"Edukasi dan literasi terhadap produk dan layanan BCA Syariah akan terus dilakukan untuk mendorong pertumbuhan Dana Pihak Ketiga hingga akhir tahun ini," tutur Dian.