Dinas Pertanian Kulon Progo gelar kontes kambing

id Kambing PE,Kulon Progo

Dinas Pertanian Kulon Progo gelar kontes kambing

Kambing PE dari Kabupaten Kulon Progo. (ANTARA/HO-Dokumen Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan kontes kambing peranakan etawa ras Kaligesing untuk memotivasi peternak memproduksi bibit ternak yang berkualitas.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Trenggono di Kulon Progo, Senin, berharap kontes kambing yang diadakan di Pasar Hewan Pengasih ini mampu menyediakan stok bibit pengganti bagi induk-induk yang sudah tidak produktif secara swadaya, guna peningkatan daya saing produksi.

"Kami juga memberikan apresiasi penghargaan kepada peternak pembibit yang berprestasi untuk menghasilkan bibit ternak yang unggul dan produktif," kata Trenggono.

Ia mengatakan kegiatan ini juga sebagai bahan evaluasi bagi petugas dan penentu kebijakan terhadap perkembangan pembibitan ternak di Kabupaten Kulon Progo.

Kemudian, kontes ini sebagai ajang promosi calon bibit dan bibit ternak yang berkualitas.

"Menarik perhatian masyarakat peternak dan pengusaha untuk turut aktif mengembangkan peternakan di Kabupaten Kulon Progo," katanya.

Asisten II Setda Kulon Progo Bambang Tri Budi mengatakan kegiatan ini diharapkan bisa menjadi media untuk saling bertukar pengalaman dan media silaturahmi antar peternak kambing peranakan etawa.

Hal ini tentunya akan membawa dampak positif bagi berkembangnya populasi kambing peranakan etawa di Kabupaten Kulon Progo yang memang sudah dikenal dengan kualitasnya.

"Semoga melalui kegiatan ini pula akan menarik perhatian masyarakat peternak dan pengusaha untuk turut aktif mengembangkan peternakan di Kabupaten Kulon Progo," katanya.

Seperti diketahui, kambing peranakan etawa merupakan keturunan silangan (hibrida) kambing etawa dengan kambing lokal. Kambing ini berukuran hampir sama dengan etawa namun lebih adaptif terhadap lingkungan lokal Indonesia.