Sleman gelar kontes kambing peranakan etawa

id Dinas Pertanian Sleman ,Kontes kambing PE ,Kontes PE Kaligesing ,Bupati Sleman ,Hut 107 Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Sleman gelar kontes kambing peranakan etawa

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menghadiri kontes kambing peranakan etawa (PE) ras Kaligesing dan domba lokal dalam rangka HUT ke-107 Kabupaten Sleman di Mini Zoo Jogja Exotarium, Mlati, Yogyakarta, Minggu (7/5/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman.

Sleman (ANTARA) - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar kontes kambing peranakan etawa (PE) ras Kaligesing dan domba lokal di Mini Zoo Jogja Exotarium, Mlati, Minggu.

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari jadi ke-107 Kabupaten Sleman ini turut dihadiri Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. Kustini Sri Purnomo mengapresiasi serta mendukung diadakannya kontes ini.

Menurut dia, kontes ini diharapkan dapat menjadi wadah berbagi pengalaman serta ilmu bagi para petani dan peternak untuk mengembangkan potensi kambing ras Kaligesing dan Domba lokal, terutama para generasi muda.

"Kontes ini diharapkan membawa dampak positif kepada masyarakat Kabupaten Sleman, baik dalam meningkatkan pariwisata ataupun perekonomian," katanya.

Kepala Dinas Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan ajang ini terdiri dari dua macam kontes, yakni kambing PE ras Kaligesing dan domba lokal.

Ia mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Perkumpulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional (Perkanas) untuk kontes kambin ras Kaligesing, sedangkan untuk kontes domba lokal pihaknya bekerja sama dengan Perserikatan Peternak Kambing Domba Yogyakarta (PPKDY).

"Untuk kontes domba lokal ini tingkatnya nasional. Sedangkan untuk kontes kontes kambin ras Kaligesing regional Jawa, Bali, Sumatera. Masing-masing kontes diikuti 250 peserta," katanya.

Menurut dia, acara kontes kambing PE etawa ini baru pertama kali dilakukan Pemerintah Kabupaten Sleman.

"Rencananya kami akan menggelar acara serupa secara rutin setiap peringatan hari jadi Kabupaten Sleman," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024