Kulon Progo selenggarakan kontes ternak kambing PE

id kambing PE

Kulon Progo selenggarakan kontes ternak kambing PE

Peternakan kambing peranakan etawa di Kabupaten Bantul, DIY (Foto ANTARA/Sidik)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan kontes ternak kambing peranakan etawa atau PE dan sapi putih memperebutkan trophy Bupati Kulon Progo pada Rabu, 7 Oktober 2015.

Kabag TI dan Humas Setda Kulon Progo Rudy Widiyatmoko di Kulon Progo, Rabu, mengatakan kegiatan kontes sudah diselenggarakan dua kali ini.

"Pendaftaran peserta telah berlangsung sejak 21 September sampai 6 Oktober di Bidang Peternakan Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kulon Progo yang ada di Kecamatan Pengasih," kata Rudy.

Menurut Rudy kategori ternak yang dikonteskan meliputi kambing PE pejantan, calon pejantan, induk dan calon induk. Sedangkan untuk kategori sapi PO (peranakan ongole) meliputi sapi PO induk, calon induk.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendongkrak gairah usaha peternakan di Kulon Progo," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan DKPP Kulon Progo Nursyamsu Hidayat menambahkan untuk penilaian juri akan melibatkan pihak Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta.

Ia mengatakan ketentuan kontes ternak ini untuk kambing PE maupun sapi PO wajib dipelihara oleh peternak minimal enam bulan yang ditunjukkan dengan surat keterangan dari ketua kelompok di wilayah Kulon Progo.

Kalau bukan asli milik peserta maka akan didiskualifikasi, kemudian memenuhi syarat kuantitatif dan kualitatif serta tidak cacat. Untuk pejantan dewasa umur poel 2-3 pasang, calon pejantan umur poel minimal setengah pasang maksimalnya satu pasang, induk dewasa umur poel 2-3 pasang, calon induk umur poel minimal setengah pasang dan maksimal satu pasang.

"Kambing PE maupun sapi PO harus berasal dari Kulon Progo. Kalau tidak, akan kami diskualifikasi," katanya.

Hadiah yang disediakan untuk kategori kambing PE ini berupa kambing bligon betina, trophy dan sertifikat. Pemenang juara satu untuk kambing pejantan PE akan mendapat kambing, piala bergilir Bupati Cup dan sertifikat, sedangkan hadiah kategori sapi PO berupa kambing bligon jantan, trophy dan sertifikat.

(KR-STR)