EF Kids & Teens adakan pelatihan bahasa Inggris bagi guru

id bahasa inggris,guru

EF Kids & Teens adakan pelatihan bahasa Inggris bagi guru

EF Kids & Teens mengadakan Program Pelatihan Bahasa Inggris bagi guru SD dan SMP (ANTARA/HO-EFKT)

Yogyakarta (ANTARA) - EF Kids & Teens bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang mengadakan Program Pelatihan Bahasa Inggris yang diikuti oleh puluhan guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang berasal dari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Acara pembukaan ini dilakukan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein serta Director of Corporate Affairs EF Kids & Teens Indonesia Juli Simatupang.

Bupati Kabupaten Magelang Zaenal Arifin dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein mengatakan Kabupaten Magelang menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan Pelatihan Bahasa Inggris EF Kids & Teens Indonesia untuk guru di wilayah Borobudur, Kabupaten Magelang.

"Tentunya, saya berharap EF Kids & Teens Indonesia untuk terus berkomitmen dan berpartisipasi melalui program-program yang berkelanjutan dan dapat menginspirasi generasi penerus, sehingga pada ujungnya bisa memberikan kontribusi pada peningkatan mutu hidup dan kesejahteraan masyarakat. Kami juga berharap Program Pelatihan Bahasa Inggris ini mampu meningkatkan kompetensi dan daya saing bagi Guru/Tenaga Pendidik, sehingga nantinya bisa mendorong terciptanya generasi muda bangsa yang berkualitas," katanya.

Dalam Program Pelatihan Bahasa Inggris, EF Kids & Teens membagikan metode fun learning yang kreatif dan efektif bagi tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Inggris ke siswa dan siswi peserta didik. Program pelatihan ini terdiri dari workshop secara tatap muka langsung dan workshop melalui online yang diadakan sebanyak 4 kali secara intensif. Terdapat banyak modul pembelajaran yang dapat dipraktikkan oleh para tenaga pendidik yang mudah diaplikasikan dalam proses belajar mengajar.

Country Director EF Kids & Teens Indonesia Suryadi Afan mengatakan, sebagai sekolah Bahasa Inggris terbesar di dunia, EF Indonesia berkomitmen turut serta memajukan pendidikan di Indonesia, terutama dalam meningkatkan kemampuan penguasaan Bahasa Inggris dan pengembangan metode fun learning secara berkesinambungan. Progam pelatihan ini juga bukan yang pertama kali kami lakukan, sebelumnya kami telah melakukan program pelatihan bagi tenaga pendidik PAUD.

Selain itu, EF juga telah menyelenggarakan program dukungan untuk Pengajar Muda #TeacherforTheFuture ke berbagai daerah pelosok Indonesia. Sejak tahun 2014 hingga saat ini, EF telah mengirimkan pengajar muda guna mendukung pengembangan kapasitas tenaga pendidik ke beberapa daerah pelosok Indonesia seperti Kabupaten Natuna, Riau, Kabupaten Paser di Kalimantan Timur, daan Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

"Tahun ini kami fokus pada pengembangan tenaga pendidik Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di wilayah program Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan cakupan destinati wisata lainnya di Indonesia. EF telah melaksanakan Pelatihan Berbahasa Inggris untuk 5 kabupaten dengan total jumlah guru lebih dari 300 guru dari tingkat SD dan tingkat SMP. Mengingat Kabupaten Magelang memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, tahun ini EF Kids & Teens Indonesia juga melaksanakan Program Pelatihan di Kabupaten Magelang," katanya.

Candi Borobudur merupakan salah satu objek wisata yang menyimpan nilai sejarah yang tinggi di Kabupaten Magelang. Megahnya arsitektur Candi Borobudur, luas area, dan juga sejarahnya membuat candi ini masuk menjadi salah satu warisan budaya dunia yang ditetapkan langsung oleh UNESCO pada tahun 1991. Karena warisan budaya ini, hingga kini Indonesia sering disebut sebagai Negeri Seribu Candi.

"Sebagai bentuk dukungan atas peningkatan wisata di daerah ini, EF Kids & Teens Indonesia pun menunjukkan komitmen dengan membantu peningkatan kemampuan Berbahasa Inggris di area wisata Borobudur. Kami mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang yang memberikan respon positif dan bersinergi dengan baik sehingga program ini dapat mulai berjalan hari ini," katanya.

Director of Corporate Affairs EF Kids & Teens Indonesia Juli Simatupang mengatakan EF Kids & Teens Indonesia menyasar para tenaga pendidik agar mereka memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk menyampaikan materi pengajaran kepada para peserta didiknya. Nantinya modul-modul ini dapat membantu para tenaga pendidik dalam mengajarkan Bahasa Inggris ke peserta didik. Dengan demikian, anak didik lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris.

Modul pembelajaran yang diberikan ke para tenaga pendidik terdiri dari pelatihan berbagai strategi dan teknik pengajaran yang menciptakan pembelajaran yang positif, interaktif dan menyenangkan. Pembelajaran menggabungkan edukasi dengan permainan yang seru agar anak terpacu untuk menggunakan Bahasa Inggris.

"Kami mengapresiasi antusias dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang serta 24 guru dari tingkat SD dan 25 guru dari tingkat SMP di Kabupaten Magelang dalam pelaksanaan Program Pelatihan Bahasa Inggris yang dilaksanakan oleh EF Kids & Teens Indonsia. Kami berharap program ini dapat bermanfaat bagi tenaga pendidik dan peserta didik di Kabupaten Magelang. Dengan semakin menguasai Bahasa Inggris, maka akan membantu Indonesia pula menjadi pemimpin di pasar global," tutur Juli Simatupang.