Plasma ozon mampu tingkatkan kualitas produk

id Sayur Organik, Petani Milenial, Petani Muda, Mutu Pertanian, Plasma Ozon, Ramah Lingkungan

Plasma ozon mampu tingkatkan kualitas produk

Seorang warga memilih sayur-mayur organik di Toko Modern di Jakarta, Kamis (23/11/2023). ANTARA/Bayu Pratama S.

Jakarta (ANTARA) - Petani milenial pemilik usaha Sayur Organik Merbabu (SOM) Shofyan Adi Cahyono memanfaatkan teknologi plasma ozon untuk menjaga kesegaran, daya simpan, dan penampilan sayuran, sehingga membuat produk pertaniannya menjadi lebih menarik dan berkualitas.

"Manfaat dari penggunaan ozon yang sudah kami rasakan itu, sayuran terjaga kesegarannya, tidak mudah busuk, serta memiliki daya simpan yang lebih lama," kata Adi di Jakarta, Kamis.

Adi menuturkan manfaat teknologi plasma ozon terutama dirasakan di lahan pertanian organik, yang ia kelola bersama 30 orang lain, saat cuaca ekstrem yang cenderung memicu pembusukan sayuran lebih cepat.

Menurut dia faktor peralihan antara musim kemarau dan hujan menjadi momen krusial, mempercepat timbulnya patogen-patogen penyakit yang dapat merugikan petani. 

Kondisi tersebut diperparah oleh prinsip pertanian organik tanpa pestisida kimia, menjadikan penanganan hama seperti ulat sulit secara manual.

Ia juga menyampaikan pertanian organik yang dikelolanya berseberangan dengan lahan konvensional, sehingga memerlukan langkah-langkah khusus agar produknya tidak terkontaminasi oleh pestisida kimia. 

Salah satu strategi yang ditempuh adalah dengan mengadakan zona penyangga berupa tanaman rumput gajah, tetapi Adi mengakui penggunaan ozon sebagai metode yang lebih efektif dalam mereduksi residu pestisida.

"Ozon ini juga memiliki kemampuan untuk mereduksi residu pestisida. Jadi, kita bisa mengklaim bahwa produk kami ini benar-benar organik," katanya.

Dia menyebut bahwa penggunaan plasma ozon juga memberikan keuntungan dalam mendukung klaim bahwa produk mereka benar-benar organik.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Petani milenial manfaatkan plasma ozon tingkatkan kualitas produk
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024