Akibat penyakit bawaan lain, seorang pasien cacar monyet meninggal

id kemenkes,Mpox,cacar monyet,monkey pox,rscm

Akibat penyakit bawaan lain, seorang pasien cacar monyet meninggal

Dokter Spesialis Penyakit Dalam subspesialis penyakit tropik dan infeksi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr dr Lie Khie Chen, dalam taklimat media terkait perkembangan mpox yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu. (ANTARA/Sean Muhamad)

Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Penyakit Dalam subspesialis penyakit tropik dan infeksi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr dr Lie Khie Chen menyatakan seorang berpenyakit mpox atau cacar monyet meninggal karena penyakit bawaan lain.

"Ada masalah di pencernaan, di mana terjadi gangguan aliran usus, sehingga dirujuk ke tempat kami karena tidak bisa terlaksana di rumah sakit sebelumnya," ujarnya dalam taklimat media terkait perkembangan mpox yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Khie Chen menyebutkan kondisi tersebut juga diperparah dengan adanya komplikasi penyakit paru-paru.

"Kami sudah berusaha atasi, tapi kondisi pasien berat dan tidak tertolong. Upaya medis sudah dilakukan dan dioptimalkan tapi ada komorbid lain yang memperberat kondisi pasien," ujarnya.

Selain itu, Khie Chen juga mengungkapkan pasien tersebut memiliki lesi yang cukup banyak. Meski demikian, dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir terkait adanya kasus tersebut.

Dia mengungkapkan mpox bukanlah penyakit yang berbahaya, sebab memiliki angka kematian yang sangat kecil (0,18 persen). Selain itu, mpox juga hanya dapat tertular melalui kontak yang erat.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RSCM: Seorang pasien mpox meninggal karena penyakit bawaan lain